Sukses

Lifestyle

Editor Says: Gugup Saat Ijab Kabul

Fimela.com, Jakarta Hari pernikahan adalah momen yang membahagiakan sekaligus menegangkan. Setiap hal harus dipersiapkan secara matang agar berjalan sempurna sesuai rencana, karena akan menjadi kenangan manis yang tak bisa dilupakan sepanjang masa.

Tapi, kadangkala persiapan yang matang, bisa menjadi kacau hanya karena tak sanggup melawan grogi dan gugup. Saat ijab Kabul dilakukan, misalnya. Kalau sudah begitu, beberapa hal tidak diinginkan dari mulai yang lucu, sampai memalukan tak akan bisa terelakan.

Dalam islam, ijab Kabul merupakan salah satu rukun didalam pernikahan, sebagaimana dikemukakan oleh para jumhur ulama. Sehingga keberadaannya menjadi penentu sah atau tidaknya suatu akad pernikahan.

Ijab Kabul adalah ucapan dari orang tua atau wali mempelai wanita untuk menikahkan putrinya kepada sang calon mempelai pria. Lafal ijab Kabul tergantung dari kebiasaan dan bahasa daerahnya masing-masing. Untuk versi dalam bahasa Indonesia lafal ijab adalah sebagai berikut; “ Saya nikahkan kamu dengan…”. Sedangkan lafal kabul adalah jawaban sang calon mempelai lelaki “Saya terima nikahnya fulanah bint fulan, dengan maskawin berupa perhiasan emas ... gram, dibayar tunai”.

Olla Ramlan dan Aufar Hutapea saat ijab kabul (Foto:Instagram)

Terkesan amat sederhana memang. Tapi bagian ijab Kabul inilah yang paling mendebarkan, dan itu pernah saya rasakan.

Bagi yang tak bisa melawan grogi dan gugup, mungkin pada saat itu, wajah akan terlihat pucat, dan keringat pun mulai bercucuran.

Tips Tidak Gugup Saat Ijab Kabul

Tak sedikit terdengar kisah beratnya mengucapkan Kabul sampai ada yang berkali-kali diulang. dari salah melafalkan sampai mendadak tak bisa mengucap Kabul sepatah kata pun. 

Menyitir pernyataan KH Farmadi Hasyim, sejatinya, satu kalimat yang diucapkan oleh para lelaki saat kabul punya makna yang sangat dalam. Melafalkan kabul sangatlah berat. Apalagi setelah melafalkannya.

Sebab, dalam agama islam, pernikahan disebut sebagai mitsaqan ghalidhan atau perjanjian agung di mana tak hanya manusia menjadi saksi, namun Tuhan dan para malaikat pun ikut menjadi saksi.

Dalam sebuah ikatan pernikahan inilah sang calon suami mengikrarkan tanggungjawabnya untuk komitmen menjadi imam atau pemimpin yang baik bagi istrinya.

Acha Septriasa dan Vicky Kharisma saat melakukan proses ijab kabul. Acha dan Vicky kini resmi menjadi sepasang suami istri. (Helmi Affandi/Liputan6.com)

Untuk menghindari gugup dalam melafalkan Kabul saat akad nikah yang bisa berakibat salah ucap, tak ada salahnya jika kamu menerapkan tips di bawah ini.

Pastikan kamu sudah siap untuk menikah

Kalau kamu sudah siap menikah, berarti kamu sudah siap menjalani komitmen sebagai pemimpin dalam keluargamu.

Menghafal dan latih dengan teman atau orang terdekatmu.

Banyak-banyaklah berlatih agar lidahmu terbiasa melafalkan kalimat ijab qabul. Ketika kamu sudah terbiasa dan bahkan hafal kalimat itu di luar kepala, tentu risiko untuk salah dalam mengucapkannya menjadi lebih sedikit

Berdoa

Percayalah bahwa Yang Maha Kuasa akan mempermudah jalanmu dalam mengucapkan kalimat Kabul saat ijab kabul dan mempermudah dalam menanggung sebuah amanat berat yang diberikan bapak mertuamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading