Sukses

Lifestyle

Benarkah Minum Air Es Saat Haid Bisa Kena Kanker?

Fimela.com, Jakarta Ada banyak rumor mengenai haid atau menstruasi. Mulai dari yang berhubunga dengan seks, hingga masalah kanker yang disebabkan berbagai banyak hal, termasuk makanan dan minuman. Kamu mungkin pernah dilarang seseorang untuk minum air es pada saat haid. Alasannya, air es akan membekukan darah haid di dalam tubuhmu. 

Nah, darah yang membeku tersebut akan mengendap dan akhirnya bisa menimbulkan kanker pada rahim. Begitu banyak orang yang membicarakan, bahkan mempercayainya, benarkah hal ini secara ilmu medis? 

Dilansir dari Holy Hormones, ternyata kepercayaan ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Kabar seputar es dan hubungannya dengan menstruasi juga ada di dataran China. Sebagian masyarakat China percaya, kalau es atau air es bisa menghentikan haid. Selain kabar tersebut, di China, Taiwan, dan Hong Kong, ada kepercayaan kalau minuman es bisa membuat sakit perut pada saat haid bertambah parah. 

Menstruasi Terlambat Dua Bulan

Sementara di negara-negara barat, perempuan yang sedang haid tak takut sama sekali meminum air es. Mereka tidak percaya dengan kabar-kabar di atas. Secara medis, tulis Holy Hormones, tak ada kaitan antara air es dengan haid dan kanker. Pasalnya, haid hanya berkaitan dengan hormon perempuan. Bukan pencernaan. Karena itu, kamu yang sedang haid kini tak perlu lagi takut untuk minum air es. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading