Sukses

Lifestyle

Wow, Ada Perpustakaan Sampah di Bogor

Fimela.com, Jakarta Elan Jaelani, salah seorang aktivis lingkungan, punya cara jitu untuk menyadarkan warganya agar tidak membuang sampah sembarangan sekaligus meningkatkan minat baca masyarakat di sekitar lingkungan rumahnya, Pamayonan, Bogor dengan mendirikan perpustakaan sampah.

Setiap warga yang ingin meminjam dan membaca buku di perpustakaan tersebut tidak dikenakan biaya. Cukup dengan membawa sampah, warga bebas membaca dan meminjam buku yang berada di perpustakaan tersebut.

“Perpusatakaan ini tentu saja tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan semangat membaca dan literasi di wilayah Bogor, khususnya Desa Pamoyanan ini. Kemudian kami coba kolaborasikan untuk tujuan lain yaitu mengurangi jumlah sampah yang menjadi masalah masyarakat di Indonesia hingga saat ini,” kata Elan Zaelani, seperti dilansir dari Liputan6.com, Kamis (9/3/2017).

 

A post shared by I-RECYCLE (@irecycleid) on

Elan Jaelani, mengaku awalnya mendirikan perpustakaan sampah ketika dirinya terpilih menjadi Ketua RT awal Januari 2016. Sebagai Ketua RT, ia risau melihat sampah rumah tangga dibuang ke kebun kosong yang berada di wilayah rumahnya.

Dari situlah ia mulai berfikir bagaimana caranya mengedukasi warga untuk peduli lingkungan,mulai dari anak-anak yang sering baca buku di perpustakaan, mereka disarankan untuk membawa sampah, baik dalam jumlah banyak ataupun sedikit, baik organik maupun anorganik.

 

A post shared by I-RECYCLE (@irecycleid) on



“Target saya adalah menyediakan tempat yang lebih layak untuk perpustakaan ini. Sebab saat ini tempat yang digunakan masih ruangan kecil yang seringkali tidak cukup untuk menampung warga yang berkunjung,” kata Elan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading