Sukses

Lifestyle

5 Profesi di Indonesia yang Memiliki Tingkat Stres Paling Tinggi

Fimela.com, Jakarta Hampir semua orang yang bekerja pasti pernah merasakan stres ketika menjalani profesinya. Namun tingkat stres yang dialami berbeda-beda. Umumnya, semakin besar tanggung jawab seorang pekerja, semakin besar pula tekanan dan tingkat stres yang dirasakan.

Tapi tanggung jawab yang lebih sedikit atau posisi yang lebih rendah tidak pula menjanjikan sebuah profesi menyenangkan. Karena tekanan bisa jadi muncul secara situasional, misalnya saat deadline atau situasi lingkungan yang kurang kondusif.

Sebuah platform komunitas online yang menampilkan berbagai informasi seputar perusahaan dan dunia kerja, Jobplanet, menyusun daftar profesi di Indonesia dengan tingkat stres paling tinggi dan paling rendah.

Ilustrasi Stres | foto : istimewa

Survei diikuti 86.000 responden karyawan dan pekerja melalui situs Jobplanet. sejak Agustus 2015 hingga Januari 2017. Mereka tersebar di seluruh Indonesia dan berasal dari berbagai industri serta profesi.Mereka diminta untuk menilai kehidupan work-life balance dari skala satu hingga lima.

Work-life balance berhubungan dengan kemampuan karyawan dalam menghadapi tekanan pekerjaan tanpa mengabaikan berbagai aspek kehidupan pribadi mereka. Besarnya tanggung jawab dan beban yang dirasakan oleh karyawan berbanding terbalik dengan tingkat work-life balance mereka. Semakin besar tekanan dan beban pekerjaan, semakin tinggi pula tingkat stres karyawan, dan akan semakin rendah tingkat work-life balance mereka,

Ilustrasi stres.

Berikut 5 profesi dengan tingkat stres paling tinggi di Indonesia:

1. Public speaker

Skor keseimbangan kerja: 2,33

2. Pengasuh anak

Skor keseimbangan kerja: 2,5

3. Petugas kesehatan gigi

Skor keseimbangan kerja: 2,5

4. Buruh perusahaan tekstil

Skor keseimbangan kerja: 2,75

5. Petugas medis radiologi

Skor keseimbangan kerja: 2,85

Demikian 5 profesi dengan tingkat stres paling tinggi di Indonesia seperti telah diberitakan  Liputan6.com, pada awal Maret 2017

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading