Sukses

Lifestyle

Ternyata Ini Penyebab Kamu Suka Terbangun Karena Ingin Pipis

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang insomnia, rasanya sulit banget untuk mendapatkan tidur berkualitas. Berusaha dengan beberapa cara, mulai dari minum susu hangat hingga olahraga malam, kamu akhirnya sudah bisa tidur. Bukan cuma 'tidur ayam' seperti sebelumnya, tapi kali ini cukup pulas. Tapi sayang, di tengah malam, kamu malah terpaksa bangun karena ingin pipis

Pipis di tengah malam memang bukan hal aneh. Sebagian besar perempuan paling tidak pernah sekali mengalami hal ini. Bahkan, ada juga, lho, yang hampir tiap malam. Meskipun banyak orang yang mengalami, bukan berarti hal ini wajar. Ternyata, dilansir dari Women's Health, pipis di tengah malam dan membuatmu bangun tidur itu disebut dengan noctoria. 

Meski gangguan ini bukan cuma dialami para cewek, tapi kamu harus waspada. Karena, menurut sebuah penelitian dalam The Journal of Urology, gangguan ini lebih sering terjadi pada cewek, ketimbang cowok. Bahkan, penelitian ini menunjukkan ada 44 persen cewek yang berumur 20-40 tahun selalu bangun tidur untuk pipis. Sementara 18 persen lainnya malah bisa sampai dua kali dalam satu malam.

Ilutsrasi tidur kurang lantaran kerap terbangun untuk pipis di tengah malam. | via: liputan6.com

Pipis di tengah malam bukan cuma mengganggu tidurmu. Apa lagi kalau kamu termasuk cewek yang sulit tidur kembali kalau sudah terbangun. Seorang ginekolog dari Northern University's Feinberg School of Medicine Lauren Streicher, M.D. mengatakan, hal ini bisa menguras energi, kecerdasan, dan juga kualitas kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Ternyata, ada beberapa penyakit yang sebenarnya kamu derita. Makanya, kamu jadi sering ingin pipis di tengah malam. Dilansir dari Everyday Health, penyakit-penyakit tersebut antara lain diabetes dan gagal jantung. Atau, bisa juga kamu mengalami sleep apnea. Gangguan ini sangat mengganggu, karena kamu merasa tak bisa bernapas pada saat tidur karena ada penyumbatan di saluran pernapasan. 

Ilustrasi tak bisa kembali tidur usai pipis di tengah malam. | via: liputan6.com

Meskipun begitu, kamu jangan langsung panik. Karena, ada juga penyebab lainnya. Seperti terlalu banyak minum alkohol, kafein, dan juga kegemukan atau obesitas. Nah, untuk mengetahuinya, jangan malu atau malas periksa ke dokter. Siapa tahu kamu hanya butuh mengurangi makanan yang mengandung banyak garam, minum minuman beralkohol dan tinggi kafein. Supaya tidurmu nggak bakal terganggung lagi tiap malam karena ingin pipis

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading