Sukses

Lifestyle

Kenapa Matamu Suka Kedutan?

Fimela.com, Jakarta Otot yang bergerak sesuai dengan peritnah otak merupakan gerakan yang sangat wajar. Selain gerakan ini, kamu pasti juga sudah tahu kalau ada yang namanya gerak reflek. Gerakan ini juga diperintah oleh saraf dalam tubuhmu. Namun, hanya terjadi di waktu-waktu tertentu. Misalnya, ketika tanganmu langsung menghandari minyak panas yang tumpah. 

Namun, selain kedua gerakan itu, juga ada gerakan otot lain yang sama sekali berbeda. Gerakan yang paling sering kamu temui adalah kedutan. Biasanya, kedutan terjadi di 4 bagian sekitar mata. Bisa pada kelopak atas, atau bawah. Bisa juga terjadi pada mata kanan atau kiri. Meski hal ini sering terjadi, kamu tak pernah ambil pusing untuk mencari apa penyebabnya. 

Meskipun begitu, sebagian cewek percaya kalau kedutan ini memiliki tanda. Dilansir dari Ruang sehat, kalau mata kanan bagian atas kedutan, maka akan ada rezeki yang sebentar lagi datang. Namun, rezeki yang datang biasanya berupa materi. Misalnya, mau naik gaji, atau mendapat uang jajan tambahan, atau usahamu mendapatkan banyak keuntungan. 

Ilustrasi mata kedutan | via: boredpanda.com

Nah, kalau di mata kanan namun bagian bawah, beda lagi artinya. Karena posisinya masih sama, di kanan, banyak orang percaya kalau ini merupakan pertanda baik. Tapi, bentuk rezekinya saja yang berbeda. Kalau yang tadi berupa materi, kali ini berupa kabar gembira non materi. Mulai dari menemukan barang hilang, gebetan menyambut cintamu, hingga pertanda akan dilamar cowok idamanmu. 

Sayangnya, kalau mata kiri yang kedutan, ini pertanda hal buruk, girls. Kalau bagian atas yang kedutan, banyak orang percaya kalau bakal ada kabar buruk datang. Kabar buruk ini bisa berupa apa saja. Mulai dari musibah, hingga dikecewakan orang lain. Sementara itu, kedutan di mata kiri bagian bawah merupakan pertanda yang lebih buruk lagi. Biasanya musibah seperti benca alam, orang meninggal, kecelakaan, dan lain sebagainya. 

Ilustasi mata kedutan | via: nymag.com

Tapi, keempat hal ini sebenarnya cuma mitos, lho. Para ahli telah menemukan penyebab kenapa matamu bisa kedutan. Ternyata, kedutan itu disebut dengan lepharospasm atau myokymia. Dilansir dari Eye Health Web, kedutan pada mata sebenarnya sama saja dengan kedutan pada otot bagian tubuhmu yang lain. Cuma, karena terjadi lebih sering di mata dan ada juga banyak mitos, makanya kebanyakan orang cuma memerhatikan yang di mata saja. 

Situs itu menyebutkan, faktor utama sebenarnya belum pernah diketahui. Tapi, kalau mengingat dengan kedutan pada otot bagian lain, bisa saja ini disebabkan karena stres atau ketika kamu terlalu lelah. Kadang juga bisa terjadi sebagai tanda kalau matamu itu kering. Atau juga bisa karena efek samping dari obat-obat keras, seperti obat untuk mengobati orang yang menderita parkinson. 

Ilustrasi mata kedutan | via: brightmags.com

Sementara itu, situs Writing and Wellness menulis, kedutan pada mata juga bisa menjadi tanda kalau kamu memiliki alergi sesuatu. Entah makanan, udara, atau debu. Nah, gara-gara alergi ini, matamu terasa gatal. Terus kamu kucek atau pegang-pegang, akhirnya terjadi iritasi. Iritasi inilah yang mendorong terjadinya kedutan pada mata. 

Buat kamu yang sering mengalami kedutan pada mata, sepertinya harus menjaga pola makan juga, lho. Soalnya, menurut situs yang sama, kedutan juga bisa terjadi gara-gara nutrisi pada tubuhmu nggak seimbang. Walaupun penyebabnya nggak terdengar serius, tapi kamu tetap harus menjaga kesehatan matamu, lho! Jangan capek-capek, dan ingat untuk selalu makan makanan yang menutrisi mata. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading