Sukses

Lifestyle

Kenapa Perut Bisa Kembung Meski Sudah Banyak Olahraga?

Fimela.com, Jakarta Masalah perut pasti sudah menjadi persoalan umum. Apa lagi, cewek-cewek yang ingin tampil fit dan seksi. Mengecilkan perut bukan cuma perkara olahraga saja, lho. Memang, sih, perut gendut identik dengan lemak yang menumpuk. Perut buncit karena lemak memang bisa kamu atasi dengan olahraga rutin dan melakukan diet. Tapi, ada juga hal lain yang menyebabkan perutmu buncit. 

Dilansir dari Mirror, perut buncit juga bisa disebabkan adanya gas atau angin pada sistem pencernaanmu. HealthLine menulis, salah satu tanda yang paling mudah buat kamu adalah sering buang angin. Buang angin memang sesuatu yang normal. Justru, kalau nggak buang angin akan menjadi berbahaya. Tapi, frekuensi buang anginmu lebih sering dan banyak dibandingkan dengan buang angin yang normal. 

Perut yang kembung juga bisa karena kamu memiliki penyakit Coeliac. Penyakit ini termasuk dalam keluarga auto imun. Jadi, penyakit ini akan timbul sebagai reaksi dari gluten yang masuk ke dalam tubuhmu. Gluten sendiri berasal dari berbagai macam makanan. 

Gandum | via: boldsky.com

Biasanya, gluten berasal dari gandum, barley, dan rye. Selain ketiga makanan ini, masih banyak lagi makanan lain yang mengandung gluten. Sepert pasta dan roti. Nah, akibatnya, usus kecilmu terganggu fungsinya. Karena usus kecil nggak bisa bekerja dengan maksimal, akhirnya makanan yang kamu makan nggak bisa terserap dengan sempurna juga. 

Tubuhmu yang kurang nutrisi akhirnya nggak bisa mencerna makanan dalam tubuhmu. Ini menyebabkan perutmu kembung. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kamu menderita penyakit ini adalah mengunjungi dokter. Dilansir dari Mirror, dokter nanti akan mengambil darahmu dan memeriksa, apakah ada indikasi kamu memiliki penyakit ini. 

Sayur-Sayuran. foto: tendertouchmobilelabs.com

Tapi, kamu tak perlu khawatir karena Coeliac bukan satu-satunya penyebab perut kembung. HealthLine menulis, kamu juga bisa mencoba untuk mengurangi kembung dengan cara makan makanan yang bisa membuang gas dalam sistem pencernaanmu, seperti ubi madu. Juga dengan berolahraga dan perbanyak makan sayur-sayuran serta buah-buahan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading