Sukses

Lifestyle

Pacar yang Berlapang Dada, kalau Gagal Kencan Biasanya Begini

Fimela.com, Jakarta Janji hangout yang dibatalkan sepihak sama teman saja sangat menyebalkan, apalagi sama pacar ya, kan? Sudah janji-janji mau kencan, ujungnya dibatalkan. Hih! Ya, memang sih kemungkinan batal itu selalu ada. Bisa karena faktor cuaca, bisa karena sakit tiba-tiba, bisa juga karena beberapa urusan mendadak yang tidak bisa dihindari. Di satu sisi, saat kondisi demikian menimpa pacarmu ya kamu memang harus mengerti, namun pasti tetap saja rasa kesal itu tak bisa dihindari.

Memang cara menanggapi situasinya akan berbeda antara setiap orang. Ada yang bisa menerima dan tetap bersikap santai meski di hati merasa kesal. Ada yang tak terima dan memilih untuk menunjukkan kemarahannya. Nah, dari masing-masing sikap yang dipilih dalam menghadapi momen gagal kencan itu pun akan menimbulkan dampak yang berbeda ke diri sendiri, ke pasangan dan juga ke hubungan. Kalau kamu memilih terima dan diam, mungkin kekesalanmu akan tertumpuk di hati dan tidak baik untukmu. Tapi kalau kamu tunjukkan dan luapkan, itu bisa menyakiti pasanganmu. Jadi, harus bagaimana menghadapinya?

Cara tetap santai menghadapi pacar yang membatalkan janji kencan. (Foto: pexels.com)

Well, sebenarnya ini hanya soal bagaimana menyampaikan kemarahanmu saja. Yang terbaik tentu saja yang jauh dari luapan emosi. Tapi bagaimana caranya? Kalau kamu butuh petunjuk untuk menghadapi situasi saat pacar membatalkan kencan, tips berikut bisa disimak!

Tips untuk Tetap Santai Menghadapi Momen Gagal Kencan

Coba klarifikasi tentang rencana yang sudah disusun sebelumnya dan bagaimana pelaksanaannya, tanpa marah-marah. Sadari betapa pentingnya menghindari emosi berlebihan sejak awal, sebab jika emosi itu sudah muncul, semuanya bisa jadi lebih kacau. Kamu bisa jadi tak terbuka untuk menerima penjelasannya dan tak bisa mencerna situasi. So, pastikan kamu bisa mengendalikan emosimu dulu, baru setelah itu klarifikasi bagaimana kalian akan melaksanakan rencana yang telah kalian susun sebelumnya kalau saat ini malah terbentur dengan satu dua hal.

Cara tetap santai menghadapi pacar yang membatalkan janji kencan. (Foto: pexels.com)

Dia lupa? Menghilang tanpa kabar saat waktunya tiba? Tenang, coba telepon, sms atau chat sekali lalu tinggalkan ponselmu. Alihkan dengan kegiatan lain agar emosimu tak tersulut karena menunggu. Jangan kejar dia dengan telepon atau chat berkali-kali. Biarkan nanti dia berikan penjelasan sendiri. Dengan begitu, kamu tak perlu membuang energi untuk sesuatu yang negatif.

Cara tetap santai menghadapi pacar yang membatalkan janji kencan. (Foto: pexels.com)

Dia memberi penjelasan tentang alasan dia menunda janjinya denganmu? Dengarkan, maklumi, dan segera ganti topik obrolan. Tidak ada gunanya terus membahas kalau pada dasarnya dia sudah memiliki alasan untuk mengubah jadwal kencan kalian. Toh itu tidak bisa diubah, jadi lebih baik kamu mengiyakan saja tanpa dibahas lebih jauh. Daripada kamu emosi.

Cara tetap santai menghadapi pacar yang membatalkan janji kencan. (Foto: pexels.com)

Janjian kencanmu dengannya sekaligus untuk menemanimu mencari sesuatu yang kamu perlu? Kan kamu bisa ajak temanmu atau pergi sendiri. Tidak perlu terlalu bergantung padanya, lagipula jika itu memang untuk keperluanmu, ya tanggung jawabmu untuk memenuhinya, bukan dia. Sekalipun sebelumnya dia bilang akan menemani, bukan salah dia sepenuhnya kalau ternyata dia tak bisa.

Cara tetap santai menghadapi pacar yang membatalkan janji kencan. (Foto: pexels.com)

Setelah dengar penjelasan kenapa dia membatalkan dan sedikit mendiskusikannya, selesaikan pembahasan itu di sana. Jangan terus-terusan membahasnya, menyindirnya, atau mengungkit-ungkitnya di kemudian hari. Tidak ada gunanya. Lagi pula, daripada membahas kenapa kalian gagal kencan bukankah lebih baik gunakan waktu kencan berikutnya untuk membahas hal-hal yang menyenangkan?

Cara tetap santai menghadapi pacar yang membatalkan janji kencan. (Foto: pexels.com)

Tidak ada salahnya untuk lebih bersantai menghadapi situasi seperti ini. Kamu dan pacar masih punya banyak waktu untuk bersama kok. :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading