Sukses

Lifestyle

Seberapa Jauh Kamu Kenal Sosok Kartini?

Fimela.com, Jakarta Setiap tahun, tepatnya pada tanggal 21 April kita selalu merayakan Hari Kartini. Ya, hari kelahiran salah satu pahlawan perempuan Indonesia ini telah menjadi pengingat bagaimana sosok Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan di negara ini, untuk mendapatkan hak dan perlakuan yang sama dibidang pendidikan dan sosial.

Kartini yang lahir pada 21 April 1879 adalah sosok pahlawan nasional yang berasal dari tanah Jawa. Sosoknya telah membawa para perempuan bisa menikmati kehidupan seperti sekarang, bisa mengenyam pendidikan, mendapatkan kesetaraan sosial, bekerja, juga bebas dari perjodohan, di mana pada masa Kartini hal tersebut telah menjadi sebuah tradisi.

Jasanya pun terus dikenang hingga saat ini. Namun, sejauh apa sih para perempuan Indonesia mengenal sosok Kartini? Bintang.com telah mengumpulkan lima perempuan yang berasal dari berbagai profesi. Kira-kira seperti apa ya sosok Kartini di mata mereka? Yuk Simak!

Indah Wulansari (25), Fashion Stylist Bintang.com. (Foto: Dok. Pribadi)

Kartini is a super girl versi gue. Pikirannya sudah sangat modern di zamannya. Mengajarkan bagaimana jadi wanita nggak cuma harus cantik, tapi wanita juga mesti cerdas dan nggak lemah. Kartini adalah sosok yang kuat, cerdas, keibuan dan tegas. - Indah Wulansari (25), Fashion Stylist Bintang.com.

Meira Karla (24), Editor Bintang.com. (Foto: Dok. Pribadi)

Kartini adalah pahlawan, guru, juga ibu bagi perempuan Indonesia. Dia bukan memperjuangkan pendidikan perempuan, juga menyadarkan adanya hak, kewajiban, dan mimpi dalam diri setiap perempuan. Kartini mungkin terlihat tangguh dari luar. Tapi hatinya lembut, terbukti pada saat dia melihat ketidakadilan yang terjadi pada kalangan perempuan. Dia juga sosok pemimpin dan pioneer yang pantas jadi panutan. Tapi sebelum bangga sebagai perempuan Indonesia dan kagum dengan sosoknya, lebih baik baca dulu Habis Gelap Terbitlah Terang. - Meira Karla (24), Editor Bintang.com.

Riedianty (25), Guru. (Foto: Dok. Pribadi)

Kartini itu perempuan hebat yang berani berpendapat, berani memperjuangkan hal yang menurut dia benar. Perempuan tangguh. Perempuan yang berani memperjuangkan hak dan kaumnya. Mungkin kalau dulu nggak ada sosok kartini sampai sekarang wanita itu masih lemah, takut akan melakukan sesuatu, takut untuk melakukan perubahan, takut untuk menuntut hak mereka. Kartini itu ibu emansipasi wanita, tanpa keberaniannya kita akan terus berada di masa layaknya masa jahiliyah pada zaman sebelum kenabian. Wanita tak ada harganya. - Riedianty (25), Guru.

Lena Yulianti, Instruktur Yoga. (Foto: Dok. Pribadi)

Kartini adalah seorang pahlawan emansipasi yang dituangkan lewat bukunya Habis Gelap Terbitlah Terang. Sosoknya mampu merubah pemikiran bangsa Belanda mengenai perempuan pribumi. Maka dari itu Kartini dikenal sebagai pahlawan emansipasi wanita. - Lena Yulianti, Instruktur Yoga.

Rusydina Sabila (25), Ibu Rumah Tangga (Foto: Dok. Pribadi)

Kartini itu salah satu pahlawan Indonesia. Menurut gue Kartini adalah sosok wanita yang semangat nya harus ditiru oleh wanita-wanita lain. Makanya perjuangan kartini untuk kesamaan derajat antara laki-laki & perempuan harus kita teruskan dengan cara menjadi wanita-wanita hebat agar bisa membangun generasi-generasi hebat. Rusydina Sabila (25), Ibu Rumah Tangga. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading