Sukses

Lifestyle

Alasan Kenapa Segala Hal Berbau Korea Bikin Kamu Candu

Fimela.com, Jakarta Demam Korea tengah menjangkiti sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak hanya boy band atau girl band, semua hal tentang Korea seperti tempat wisata, kuliner, fashion, drama, variety show dan lainnya menjadi begitu digemari banyak orang di Indonesia. Kamu kah salah satunya?

Melihat fenomena tersebut, kamu sempat bertanya nggak sih kenapa segala hal yang berbau Korea saat ini begitu digemari? Contoh gampangnya, coba kamu hitung berapa banyak restoran Korea di Jakarta saat ini? Kalau terlalu luas, coba saja kamu hitung restoran tersebut di mall yang sering kamu kunjungi? Jumlahnya memang bervariasi, namun perlahan restoran-restoran Korea terus tumbuh dan selalu ramai dikunjungi.

Makanan khas Korea bimbimbab. (via. Pinterest)

Tak hanya sampai disitu, kini ada banyak orang berduyun-duyun untuk pergi berlibur menikmati Negeri Gingseng yang indah itu. Rasanya ketinggalan zaman banget deh kalau belum punya keinginan ke Korea Selatan. Hmmm kenapa bisa sampai seperti itu ya?

Ada banyak alasan mengapa segala hal berbau Korea begitu digemari di orang-orang di zaman ini. Menurut pantauan Bintang.com, tren ini bisa dibilang sebagai sebuah keberhasilan orang-orang Korea dalam mengemas dan menyajikan keragaman serta keunikan negaranya lewat berbagai sajian hiburan.

Ilustrasi mi ramen (Live Strong)

Ya, tanpa sadar saat kamu menonton acara fashion, musik, kuliner, juga acara-acara Korea lainnya, kamu tengah diajak untuk menggemari budaya mereka yang dikemas secara apik dan menarik. Kamu nggak percaya?

Orang Indonesia Gampang Terpengaruh

Karakter orang Indonesia yang konsumtif menjadi salah satu alasan mengapa budaya dan keragaman Korea cepat diterima disini. Contoh mudahnya, saat kamu nonton drama Korea kemudian melihat para pemainnya menikmati ramen dalam sebuah panci, ada rasa ingin mencicipi kan? Kemudian restoran yang menyajikan ramen pun bermunculan di Jakarta dan sekitarnya, mengundang kamu untuk mencicipi dan merasakan pengalaman seperti dalam drama yang kamu saksikan.

Running Man. (foto: bnt news)

Contoh persuasif lain adalah sajian dalam variety show Korea Selatan, lagi-lagi tanpa sadar kamu tengah mencekoki dirimu dengan berbagai hal tentang Korea. Kamu salah satu penggemar Running Man? 2 Days 1 Night? atau Infinity Challenge? Coba kamu ingat-ingat bagaimana para pemain dalam acara tersebut menunjukkan keindahan dan kenikmatan berbagai kudapan di Korea.

Lewat salah satu episode Running Man misalnya, tanpa sadar mereka memperkenalkan dan mengajakmu melihat berbagai macam jajanan Korea di sebuah pasar hingga membuatmu ngiler dan ingin mencicipnya. Begitu juga dengan kecantikan para aktris dan aktor Korea, siapa sih yang nggak mau cantik? Saat mengetahui produk kecantikan yang mereka gunakan, kamu juga ingin ikut memakainya kan?

Jun Ji Hyun dan Kim Soo Hyun di drama My Love from the Star. Foto: via globaltimes.cn

Drama-drama Korea pun bisa disebut sebagai salah satu pendukung pariwisata di sana. Pasalnya, ada banyak lokasi-lokasi syuting drama yang kemudian malah menjadi objek pariwisata turis internasional. Kamu ingat kan betapa hits-nya drama berjudul My Love From The Stars?

Ya, drama yang populer pada tahun 2014 ini mampu menarik banyak turis, hingga membuat studio apartemen yang ditinggali Do Min Joon (Kim Soo Hyun) dan Cheon Song Yi (Jun Ji Hyun) dalam drama tersebut menjadi tujuan para turis. Ini hanya satu dari sekian banyak tempat syuting drama Korea yang menjadi tempat wisata para turis ya girls.

Korea Mempertahankan Citra

Selain itu, Korea dan orang-orangnya yang begitu menjunjung tinggi citra yang baik pun tak segan untuk melakukan berbagai hal untuk menjaga citra negara mereka. Salah satu contohnya dengan mencopot foto Seolhyun AOA dari website pariwisata Korea, di mana saat itu ia menjadi duta pariwisata Korea periode 2016-2018. 

Seolhyun AOA (via nautiljon.com)

Pencopotan foto Seolhyun pada 22 Mei 2016 itu diduga berkaitan dengan penampilan Seolhyun dalam sebuah acara, di mana ia tak mengetahui sejarah Korea dengan baik. Melanisr Soompi,  saat tampil dalam acara Channel AOA itu, Seolhyun bersama rekannya Jimin dilaporkan tak bisa menebak nama-nama tokoh penting di Korea.

Sontak Seolhyun pun mendapat kritik atas ketidaktahuannya, mengingat saat itu ia adalah seorang duta pariwisata Korea. “Tidak masuk akal ketika dia bertugas mengajari orang lain tentang Korea ketika dia tak mengetahui apapun tentang sejarah Korea,” ucap netizen di media sosial.

Seolhyun AOA. (via. Soompi)

Kurang lebih itu ya girls alasan mengapa banyak orang bisa begitu menyukai Korea, dan bagaimana Korea mengemas begitu apik budaya dan keunikannya dengan modern dan penuh romansa cinta. Jadi kapan ke Korea?

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Hotel di Jakarta, Bali, dan Surabaya Agar Lebaran Semakin Berkesan
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengolah Jengkol Agar Empuk dan Tidak Pahit