Sukses

Lifestyle

Cewek Harus Waspada, Ini Cara Hapus Dirimu dari Internet

Fimela.com, Jakarta Kalau kamu pernah berpikir untuk mengapus semua jejakmu di internet, itu bukan sebuah hal yang nggak mungkin girls. Dewasa ini kita memang harus lebih berhati-hati saat membagikan informasi pribadi di dunia maya, terlebih kini marak kasus penipuan. 

Kamu sadarkan kalau zaman sekarang, kamu bisa dengan mudah menemukan seseorang dengan modal browsing. Dari situ pun muncul banyak kemungkinan dan peluang tindak kejahatan. Tak sedikit kasus kejahatan yang menimpa seseorang, diawali dengan mencari tahu latar belakang korban lewat internet. 

Hati-hati berbagi data pribadimu di internet. (via. Pinterest)

Salah satu contoh kasusnya adalah yang menimpa para penggemar Justin Bieber. Seorang pria bernama Bryan Asrary menyamar menjadi Justin, dan meminta penggemar wanita penyanyi berusia 23 itu untuk mengirimkan foto bugilnya. 

Dalam pengakuannya, Bryan mengatakan bahwa dirinya mendapatkan informasi tentang cewek-cewek penggemar Justin Bieber melalui media sosial. Tuh ngeri kan girls. Itu hanya sebagaian kecil contoh tindak kejahatan di internet. Biar kamu nggak ikut jadi korban, mulai sekarang hati-hati ya berbagi informasi pribadi di internet.

Kamu juga bisa menghapus informasi dirimu di internet dengan cara berikut ini..

Hati-hati berbagi data pribadimu di internet. (via. ExpressVPN)

1. Non-aktifkan akun media sosial, akun belanja juga layanan website. Kalau tak ingin data-datamu beredar bebas di dunia maya, kamu bisa menghapus akun publikmu seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, dan sebagainya. Kamu bisa menonaktifkan akunmu lewat pengaturan dalam halaman media sosial tersebut. Kalau kamu tak bisa menemukannya, kamu bisa browsing dengan kata kunci 'Cara menghapus akun Facebook/Instagram/dsb'.

2. Hapus informasi dirimu secara langsung ke website bersangkutan. Mungkin kamu memiliki postingan yang memalukan hingga membuatmu tak ingin lagi melihatnya, atau tak mau orang-orang baru mengetahui masa lalumu. Kamu bisa meminta langsung pada penyedia layanan web yang kamu gunakan untuk menghapus postinganmu. Ini memang akan memakan waktu dan ada peryaratan yang harus kamu penuhi, seperti alasan penghapusan postingan, juga data diri. Meski begitu kamu harus melakukannya demi menjaga dan melindungi diri. 

Cara Menghapus Berbagai Informasi Diri di Internet

Hati-hati berbagi data pribadimu di internet. (via. Telegraph)

3. Melepaskan diri dari situs pengumpulan data. Kamu tahu nggak sih kalau sebenarnya berbagai aktivitas kita di dunia maya itu ada yang memantau dan mengawasi. Tak selalu mereka yang memiliki kepentingaan jahat, tetapi aktivitas dan data kita juga digunakan untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satu contohnya website pengumpul data yang menjual data kepada para pengiklan, untuk membantu mereka menemukan sasaran yang tepat. Iklan-iklan yang kamu lihat di akun media sosiamu juga muncul berdasarkaan aktivitas konten yang sering kamu cari. 

Untuk bisa lepas dari situs pengumpul data memang agak sulit. Kamu bisa menghubungi pihak bersangkutan, atau menggunakan jasa yang bisa membantu kita untuk menghapus data-data kita di internet.

Hati-hati berbagi data pribadimu di internet. (via. Pinterest)

4. Menghapus akun email. Ini adalah langkah terakhir yang harus kamu lakukan, pastikan ini yang terakhir ya, karena kamu harus menyelesaikan hal diatas dengan akun emailmu.

Jika kamu sudah melakukan semua langkah di atas, setidaknya kamu sudah mencoba melindungi data pribadimu yang bisa diakses dengan bebas lewat internet. Pun kamu tak bisa melakukan langkah tersebut, kamu harus lebih waspada dan berhati-hati ya saat membagikan informasi pribadi tentang dirimu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading