Sukses

Lifestyle

Lulus Kuliah, Bertanggungjawablah dengan Melakukan 3 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu masih menjadi mahasiswa, tugasmu yang paling utama adalah belajar. Meskipun nilai bukan segala-galanya, tapi belajar dengan sungguh-sungguh dan menyelesaikan pendidikan di jurusan yang sudah kamu pilih sudah menjadi tanggung jawab kamu. Meskipun banyak rintangan dan lulus kuliah itu nggak gampang, kamu tetap harus menyelesaikannya. 

Semua tekanan saat kamu berada di semester akhir akan hilang ketika kamu sudah lulus kuliah. Rasanya, kamu menjadi sangat tenang dan lega, karena nggak ada lagi tugas yang menumpuk. Kamu juga nggak perlu lagi ke kampus pagi-pagi demi kelas pertama yang diajar dosen 'killer.' Tapi, justru saat-saat inilah yang harus kamu perhatikan banget, girls. 

Soalnya, ada banyak hal yang harus kamu lakukan. Dan semuanya akan memengaruhi kehidupanmu di masa depan. Selain itu, kamu juga punya tanggung jawab yang lebih besar, sebenarnya. Tanggung jawab ini lebih kepada dirimu sendiri, lho. 

1. Kamu bertanggung jawab untuk menata keuanganmu. Meskipun belum mendapat pekerjaan, atau kamu ingin santai-santai dulu sebelum akhirnya masuk ke dunia kerja, kamu tetap harus memerhatikan kesehatan keuanganmu. Dan, ketika kamu sudah mendapatkan pekerjaan, mulailah mengumpulkan uang. 

Ngirit itu bukan berarti kamu harus hidup sengsara dengan makan sekali saja setiap hari. Ngirit itu, kamu harus memastikan pengeluaranmu nggak lebih dari pemasukan. Sehingga, ada uang yang bisa kamu simpan untuk tabungan masa depan, dan juga uang jaga-jaga. 

Ilustrasi nabung | Via: bogota.gov.co

2. Bertanggung jawab kepada dirimu sendiri itu nggak mudah. Dan nggak melulu memberikan apa yang kamu inginkan. Iya, kamu mungkin sudah punya uang setelah kamu lulus, dari hasil bisnis sama teman atau juga penghasilan dari karier mudamu. Kamu punya banyak keinginan. Beli ini-itu, pergi ke sana-sini, atau juga menjalankan hobimu yang selama ini terhambat. 

Cara Hemat Belanja Produk Kecantikan Supaya Masih Bisa Nabung. (Foto: huffpost.com)

Tapi, kamu juga harus belajar memahami apa, sih, yang kamu butuhkan? Terus, apa yang kamu inginkan? Jangan turuti semua keinginan, tapi beli saja semua yang kamu butuhkan. 

3 Hal yang Haram Dibayar Menggunakan Kartu Kredit | via: earlyretirementahead.com

3. Kamu yang sudah bekerja mungkin akan mendapatkan kartu kredit. Nah, kartu kredit ini boleh saja kamu pakai. Soalnya, banyak kartu kredit yang menawarkan kemudahan untuk melakukan pembayaran apa pun. Tapi, kamu harus yakinkan dirimu terlebih dahulu, kalau setiap kali kamu pakai kartu kredit, kamu bisa membayarnya. Nggak menganggap kartu kredit sebagai uang tambahan merupakan salah satu bentuk tanggung jawabmu terhadap diri sendiri, lho, girls. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading