Sukses

Lifestyle

4 Pengeluaran Terbesar di Bulan Ramadhan

Fimela.com, Jakarta Ramadan bukan cuma bulan yang spesial, karena kaum Muslim diwajibkan untuk berpuasa. Tapi, juga disebut bulan yang istimewa, karena di momen inilah kamu bisa bertemu lagi dengan teman atau keluarga yang sudah lama nggak ketemu. Seperti di acara buka puasa bersama atau bukber, atau juga pada saat salat tarawih bersama. 

Ramadan memang penuh kejutan dan juga berkah. Di mana hampir semua orang pasti menunggu diskon besar-besaran. Mereka yang memburu diskon ini pasti punya satu tujuan. Apa lagi kalau bukan belanja untuk Lebaran?

Tapi, bulan ini juga membuat sebagian orang jadi bokek. Meskipun kamu nanti akan mendapatkan THR, tapi buka berarti kamu bisa mengeluarkan uang banyak untuk berbagai macam keperluan dan acara di Ramadan. Tapi, pernah nggak kamu berpikir, apa saja yang bikin pengeluaranmu bertambah banyak di bulan Ramadan?

Ini 5 rekomendasi tempat buka puasa yang bisa kamu datengin bareng geng kesayangan. (Foto: Instagram/@Nannyspavillon)

1. Bukber, menjadi ajang untuk berkumpul bersama teman-teman yang sudah lama kamu nggak temui. Atau juga keluarga jauh yang bisa kamu ajak ngobrol setahun sekali. Tapi sayangnya, undangan untuk bukber nggak datang sekali atau dua kali selama Ramadan. Kamu mungkin akan mendapatkan undangan bukber teman SD, SMP, SMA, kuliah, dan juga teman kantor. Hampir setiap minggu kamu melakukan bukber bersama teman. Meskipun tiap makan nggak mahal banget, tapi pengeluaran untuk bukber, apalagi makan di luar, memang sangat besar, girls. 

2. Baju dan mukena baru. Ada yang bilang, Lebaran nggak asik kalau nggak pakai baju baru. Meskipun baju lama masih banyak dan masih bagus, kamu tetap ingin ada yang baru pada penampulanmu, saat Lebaran nanti. Bukannya pamer, sih, tapi beli baju baru seperti menjadi kebutuhan.

Inilah Jenis-jenis Orang yang Belanja Baju Lebaran | via: rmouliroy.blogspot.com

Selain itu, kamu mungkin juga akan beli mukena baru untuk salat Idul Fitri. Mukena yang putih bersih, belum ternoda sama sekali, membuatmu tampil lebih kece, dan juga melambangkan hatimu yang terlahir kembali. 

3. Ngabuburit, kadang menjadi bagian dari acara bukber, juga kerap dilakukan. Memang, kadang kamu agak bosan menunggu azan Maghrib untuk berbuka puasa. Nah, biasanya, di waktu transisi ini, kamu menonton film di bioskop bersama teman-teman. Memang nggak mahal, sih, tapi kalau hampir setiap kali ngabuburit kamu nonton, ya nggak heran kalau uangmu habis banyak. 

Bagi-bagi uang receh buat THR. (Via: soulofjakarta.com)

4. Begitu banyaknya pengeluaran di bulan Ramadan, belum terhitung dengan kebutuhan persiapan Lebaran. Sebagian keluarga mengecat rumahnya kembali agar terlihat baru. Ada juga yang membeli banyak makanan, karena akan ada banyak anggota keluarga dan tetangga yang datang ke rumah. Belum lagi mengisi amplop-amplop yang dibagikan kepada anak-anak kecil sebagai THR. Ya, namanya juga Lebaran. Persiapannya banyak dan memang butuh biaya. Tapi yang penting, semua kebutuhan Lebaran kamu tentukan dan jangan sampai lebih besar dari pendapatanmu. Juga, jangan boros selama Ramadan, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading