Sukses

Lifestyle

Daripada Bukber Terus, Tabung Uangmu Buat 4 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Bukber, memang menjadi waktu yang sangat pas untuk berkumpul kembali dengan keluarga dan juga teman-teman yang sudah lama nggak bertemu dan ngobrol bareng. Soalnya, bukber itu bukan cuma makan dan buka puasa saja. Tapi juga ngobrol, bercanda, nostalgia, dan juga kadang jadi ajang memperkenalkan pacar atau bahkan suami. 

Tapi sayang, ajakan bukber tiap bulan Puasa nggak cuma sekali. Tapi bisa hampir setiap minggu, selama Bulan Suci ini. Apa boleh buat, temanmu, kan, memang nggak sedikit. Ada teman SD, SMP, SMA, dan juga kuliah. Juga ada keluarga besar yang dari Mama, ada juga yang dari Papa. Semuanya harus kebagian jatah. 

Ternyata, ini bukan satu-satunya hal yang kadang bikin kamu sebal. Tapi, juga karena kemungkinan besar, kamu pasti akan mengeluarkan uang berlebih setiap kali bukber. Ya, bukber, kan, cuma namanya saja, girls. Kamu mungkin juga bakalan nonton sebelum waktu berbuka puasa, atau juga ngopi-ngopi cantik usai bukber. 

Ketemu mantan bukan hal pemicu baper buat beberapa zodiak berikut ini. (Sumber foto: Edelman.com)

Nah, sebenarnya, kalau kamu nggak hadir ke setiap acara bukber, kamu bisa lebih menghemat banyak uang, girls. Ada banyak keperluan yang bisa kamu penuhi dengan berhemat dan nggak mengiyakan semua ajakan bukber. 

1. Sekali bukber itu kamu mungkin bisa mengeluarkan uang sekitar Rp100-150 ribu. Sementara ajakan bukber bisa 4 kali atau bahkan lebih selama Ramadan. Ini lumayan banget, lho, girls, buat tambahan uang Lebaran. Dengan uang segitu, kamu bisa belanja satu baju kece buat Lebaran nanti. 

2. Atau juga bisa kamu tabung untuk jalan-jalan bersama keluarga saat libur Lebaran. Meskipun nggak banyak-banyak banget, sih, tapi lumayan buat tambah-tambahan. Memang, kalau untuk tiket masuk wisata di Jakarta, segitu mungkin kurang, ya. Tapi paling nggak buat makan siang dan makan malam bisa, lah. 

Jangan anggap remeh kemampuan mengatur kemampuan 3 zodiak ini. (Via: time.com)

3. Kamu yang punya banyak sepupu dan keponakan yang masih kecil, pasti membagikan sebagian uang Lebaranmu ke mereka. Nah, kamu kadang nggak rela, atau merasa agak menyesal. Soalnya, uang Lebaranmu yang tadinya banyak, harus keambil sebagian untuk membagikan sepupu-sepupu uang Lebaran. Nggak banyak, sih, tapi kalau sepupunya lebih dari 15 orang lumayan juga, kan. Nah, dari pada ambil uang THR, lebih baik sisa uang yang tadinya dialokasikan untuk bukber setiap minggu, lebih baik diberikan ke mereka. Lumayan, kamu jadi nggak perlu mengambil banyak dari THR. 

4. Atau, kamu juga bisa menabung untuk keperluanmu setelah Lebaran. Misalnya, keperluan untuk kuliah, atau keperluan lain. Atau, bisa juga kamu tabung saja. Suatu saat, uang itu akan berguna di masa depan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading