Sukses

Lifestyle

Menu Buka Puasa: Kroket Makaroni Sosis

Fimela.com, Jakarta Ingin camilan goreng yang lain dari biasanya? Yuk, coba bikin Kroket Makaroni Sosis. Tambahkan sosis kecil untuk memperkaya rasanya. Hmmm, dijamin nggak cukup makan satu buah saja.

Pastel goreng, risol, tempe, atau pun tahu goreng mungkin menjadi makanan yang akan kamu temui saat buka puasa. Bosan dengan itu semua? Bintang Tasty akan membagikan resep Kroket Makaroni Sosis nih. Sebelum ke proses pembuatannya, inilah beberapa bahan yang harus kamu miliki untuk membuat Kroket Makaroni Sosis.

100 g makaroni elbow

50 ml minyak goreng

50 g margarin

2 siung bawan putih, parut

100 g bawang bombai cincang

75 g tepung terigu

Menu Buka Puasa: Kroket Makaroni Sosis. (Foto: Adrian Putra/Bintang.com, Digital Imaging: M. Iqbal Nurfajri/Bintang.com, Chef: Arum Sari)

300 ml susu cair

½ sdt garam

½ sdt pala bubuk

¾ sdt merica bubuk

1 sdt gula pasir

100 g keju cheddar parut

1 sdm peterseli cincang

±20 buah sosis kecil/cocktail sausage

2 butir telur, kocok

150 g tepung roti putih kasar

Sambal botolan, untuk pelengkap

Untuk proses masaknya kamu bisa melihat dalam video Bintang Tasty yang ada di bawah ini ya…

Menu Buka Puasa: Kroket Makaroni Sosis. (Foto: Adrian Putra/Bintang.com, Digital Imaging: M. Iqbal Nurfajri/Bintang.com, Chef: Arum Sari)

1. Rebus makaroni dalam air mendidih hingga matang (± 14 menit), angkat, tiriskan, sisihkan.

2. Panaskan minyak dan margarin dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum, tambahkan bawang bombai, aduk hingga layu. Masukkan tepung terigu, aduk-aduk hingga tampak berbutir, lalu tuangi susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga menjadi adonan yang kental dan halus.

3. Bumbui dengan garam, pala, merica, dan gula pasir, aduk. Masukkan keju dan makaroni rebus, aduk, tambahkan peterseli, aduk lagi hingga rata, angkat, biarkan hingga agak dingin.

4. Alasi tangan dengan selembar plastik, ambil ± 2 sdm adonan makaroni, ratakan, lalu taruh 1 buah sosis di tengah. Tutupkan hingga sosis berada di dalam, bentuk seperti kroket. Celupkan makaroni isi ke dalam telur kocok, lalu gulingkan ke dalam tepung roti hingga rata.

5. Goreng makaroni secara bertahap hingga berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan. Sajikan bersama sambal botolan siap pakai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading