Sukses

Lifestyle

Mengenal Kanker Serviks, Penyakit yang Renggut Nyawa Julia Perez

Fimela.com, Jakarta Julia Perez menghembuskan napas terakhirnya pada pada Sabtu, 10 Juni 2017 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Seperti yang telah diketahui, aktris yang akrab disapa Jupe tersebut sudah berjuang melawan kanker serviks yang sudah dideritanya. Lalu, apa sih kanker serviks itu sendiri?

Mengenai kanker serviks, WHO menyebut bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah kanker serviks terbanyak di dunia. Pusat data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada akhir 2015 menyatakan bahwa kanker serviks adalah pembunuh wanita nomor satu di Indonesia.

Kenali kanker serviks, penyakit yang merenggut nyawa Julia Perez. (dok. Instagram)

Dilansir dari FaktaKanker, penyebab kanker serviks sendiri ada 6, yakni berhubungan badan dengan banyak orang, melahirkan banyak anak, menikah atau berhubungan seks di usia muda, merokok, menggunakan kontrasepsi oral alias pil KB, atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Kanker serviks pada stadium awal hampir mustahil untuk dideteksi dan dirasakan oleh penderitanya. Jika kamu merasa khawatir, pemeriksaan penyakit ini masih bisa dilakukan dengan melakukan serangkaian tes.

Pertama, kamu bisa memeriksakan fisik dan riwayat penyakit, pemeriksaan panggul, tes pap smear, tes Human Papillomavirus (HPV), Kuretese endoserviks lalu biopsi. Ciri-ciri kanker serviks memang sulit diketahui, namun bukan berarti kamu tak bisa melakukan pemeriksaan.

Kenali kanker serviks, penyakit yang merenggut nyawa Julia Perez. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Jangan sampai abai dengan tubuhmu ya, girls! Penyakit yang merenggut nyawa Julia Perez ini biasanya baru diketahui setelah menyebar dan menginfeksi bagian yang lebih luas. Lakukanlah tes secara rutin terutama untuk kamu yang punya kebiasaan merokok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading