Sukses

Lifestyle

Hati-hati Girls, Ini Sederet Faktor yang Bikin Susah Tidur

Fimela.com, Jakarta Nggak bisa tidur memang salah satu momen paling menyebalkan. Ketika tubuh sudah lelah dan ingin segera istirahat, namun otak malah menginginkan hal lain. Pikiranmu entah melalang buana ke mana hingga akhirnya waktu tidurmu akhirnya mundur total. Jadilah lemas di kantor atau kampus menjadi nasib sepanjang hari.

Tentu kamu nggak mau rasa lemas dan kantuk menjadi teman di siang hari kan? Untuk itu, temukanlah faktor yang bikin kamu sulit tidur. Dilansir dari Health, ini sederet hal yang bisa jadi penyebab kamu kesulitan tidur!

Hati-hati lesu saat bekerja, ini sederet faktor yang bikin kamu susah tidur. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Stres. Insomnia bisa disebabkan oleh depresi dan rasa kekhawatiran berlebih. Dilansir dari Health, otak menggunakan neurotransmitters yang sama untuk mengatur tidur dan mood. Hal-hal yang membuat stres hingga bikin mood berantakan tentu bisa membuat kamu jadi sulit tidur.

Jet lag. Jika kamu tengah berpergian ke negara yang miliki zona waktu berbeda, jet lag adalah hal yang lumrah. Tubuhmu biasanya butuh waktu hingga 3 hari untuk membiasakan diri dan beradaptasi terhadap waktu di tempat yang baru saja kamu kunjungi.

Hati-hati lesu saat bekerja, ini sederet faktor yang bikin kamu susah tidur. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Waktu kerja. Jadwal kerja yang sangat kontras dengan kebutuhan tubuh bisa menjadi salah satu faktor. Orang-orang yang sering berganti shift miliki tingkat serotonin, hormon, dan neurotransmitter yang lebih rendah di sistem saraf pusat. Sementara tiga hal tersebut sangat membantu mengatur waktu tidurmu.

Hati-hati lesu saat bekerja, ini sederet faktor yang bikin kamu susah tidur. (Sumber Foto: Kidspot)

Perubahan hormon. Menopause, menstruasi dan kehamilan bisa menjadi sumber dari masalah kesulitan tidur bagi cewek. Sakit pada payudara hingga seringnya buang air kecil bisa mengganggu waktu tidur regularmu. Studi yang dilakukan National Sleep Foundation mengatakan, sekitar 40% perempuan yang berada di tahun transisi menuju menopause miliki masalah tidur.

Hati-hati lesu saat bekerja, ini sederet faktor yang bikin kamu susah tidur. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Penyakit. Terkadang kesulian tidur hadir bersama penyakitmu yang kambuh. Misalnya ketika asthmamu kambuh, sulitnya bernapas bisa membuat susah tidur. Jadi, mana hal yang bikin kamu kesulitan untuk mengistirahatkan tubuh? Jangan lupa untuk menjauhkan telpon genggam dan media sebelum tidur ya, girls!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading