Sukses

Lifestyle

Tanpa Usaha, Cita-cita Apa Pun Sulit Terkabul

Fimela.com, Jakarta Ada banyak orang bilang, apa pun yang kamu mau, pasti akan terkabul. Asalkan, kamu banyak berdoa dan cita-cita ini direstui orangtua. Karena mereka bilang, restu orangtua itu begitu penting. Sampai-sampai banyak anak-anak muda percaya kalau tanpa restu cita-cita nggak akan terwujud. 

Tapi, sebenarnya juga ada satu hal lain yang sama pentingnya. Yaitu usaha. Majalah Inc menulis, tanpa usaha, cita-cita atau keinginan siapa pun dan sebesar atau sekecil apa pun bakal sulit terwujud. 

Terus, kenapa orang miskin bisa menjadi kaya, dan orang yang terpuruk kenapa bisa menjadi sukses? Inc menulis, untuk mewujudkan apa yang kamu inginkan, perlu adanya usaha, dan juga proses. Usaha nggak bisa dijalankan cuma sekali atau dua kali. 

Soalnya, usaha itu merupakan suatu rangkaian aksi. Yang nggak bisa kamu pangkas, atau bonsai. Setiap orang punya jangka waktu yang berbeda. Mungkin buat orang lain, butuh waktu 2-3 tahun untuk berhasil. Tapi mungkin bagi yang lainnya membutuhkan waktu lebih lama atau justru sebentar. 

Jack Ma. (emaze.com)

Ada banyak orang yang butuh waktu lama hingga akhirnya mereka berhasil, lho, girls. Contohnya, Jack Ma yang harus mengalami serangkaian kegagalan. Juga J.K Rowling, yang harus ditolak karyanya berkali-kali. 

Bahkan, ketika kamu sudah berada di atas pun, segalanya bisa berubah. Seperti Hillary dan Bill Clinton. Mereka mengaku kepada jurnalis ABC, Diane Sawyer, kalau mereka bangkrut pada saat meninggalkan Gedung Putih waktu itu. 

"Kami bukan saja bangkrut, tapi juga punya utang. Kami bahkan memiliki waktu yang sulit untuk membiayakan anaknya sekolah," katanya seperti yang dikutip dari Politifact.com

Ternyata, bukan cuma Hillary dan Bill Clinton saja yang pernah susah. Tapi juga para chef terkenal, yang kini hidup mewah. Dulu, sebelum menjadi chef kaya-raya, mereka sempat mengalami kesulitan ekonomi. Soalnya, mereka banyak yang datang dari keluarga biasa-biasa saja, dan biaya untuk sekolah memasak nggak murah. 

Mantan calon presiden dari partai Demokrat, Hillary Clinton berjalan dengan suaminya, Bill Clinton untuk menghadiri upacara pelantikan Donald Trump menjadi Presiden AS ke-45 di Washington, DC, AS, (20/1). (Win McNamee/Pool Photo via AP)

Seperti yang ditulis Business Insider, para chef yang kini memasak makanan-makanan mewah dulu memakan makanan junk food juga. Bahkan, ada yang harus makan sekali sehari, demi menabung untuk biaya pendidikannya dan juga membeli bahan untuk berlatih. 

Nah, ini membuktikan, kalau usaha dan kerja keras itu sangat perlu, sebelum kamu akhirnya jadi orang sukses dan berhasil mewujudkan cita-cita. Kalau mereka yang pernah kesulitan dalam hidup, lalu berhasil beberapa tahun kemudian, kamu juga pasti bisa. Asal, sabar terhadap dirimu sendiri. Karena semua butuh proses alami. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading