Sukses

Lifestyle

Seberapa Mahal Persiapan Mudik ke Luar Pulau Jawa?

Fimela.com, Jakarta Mudik sudah mendarah daging buat masyarakat Indonesia, yang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Mereka yang bekerja atau tinggal di Jakarta, akan pulang ke kampung halaman masing-masing, untuk merayakan Hari Raya bersama saudara dan para sahabat. 

Mudik itu nggak murah. Soalnya, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan. Kamu akan berkunjung ke rumah saudara yang sudah lama nggak kamu temui. Orangtuamu mungkin akan membawakan mereka sesuatu. Misalnya oleh-oleh dari Jakarta seperti baju baru, atau makanan. 

Selain oleh-oleh, ongkos buat mudik juga nggak murah, lho. Beruntunglah buat mereka yang mudik di sekitar pulau Jawa saja. Soalnya, kamu masih bisa berhemat dengan mudik naik motor atau juga mobil pribadi. Paling, kamu hanya harus menyiapkan uang untuk bensin dan juga uang tol, pulang-pergi. 

Dari kebiasaan dari tahun ke tahun, saat nggak mudik, warga rantau yang ada di Jakarta kerap melakukan kegiatan ini saat libur Lebaran. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Tapi, gimana buat cewek-cewek yang pulang kampung ke luar pulau Jawa? Banyak orang yang mudik menggunakan pesawat karena jarak yang jauh nggak bisa ditempuh dengan kendaraan lain. Tapi, ongkos untuk naik pesawat juga lebih mahal dari biasanya. 

Nah, untuk menghitung perkiraan biaya, Bintang.com bertanya kepada salah satu cewek, Akalili Mentari Pagi, yang selalu mudik menggunakan pesawat ke luar pulau Jawa setiap tahun. "Setiap tahun mudik, tapi harganya beragam, ya. Biasanya, satu orang pulang-pergi naik pesawat dari Jakarta ke Padang itu habis 4-5 jutaan. Itu baru pesawat, belum pengeluaran lainnya," katanya. 

Dia juga bilang, pengeluaran terbesar saat mudik ada di ongkos. Tapi, kalau harus harus transit dulu, pengeluaran justru tambah banyak, meskipun harga pesawat lebih murah. Ini karena dia harus makan dan minum saat transit. 

Ilustrasi pesawat terbang. (travelandleisure.com)

Tapi sebenarnya, mudik ke luar Jawa bisa diakali dengan mengikuti banyak program mudik dari berbagai perusahaan dan lembaga. Contohnya seperti program mudik yang diselenggarakan salah satu bank di Indoensia. Programnya, pihak bank tersebut menyediakan bus, kapal, dan juga pesawat untuk mudik. Nah, pesawat yang mereka sediakan dengan beberapa tujuan. 

Tujuan utamanya ke Makassar dan Batam. Selain program bank, beberapa perusahaan lain juga menyediakan kendaraan, termasuk pesawat, untuk mudik gratis. Kamu tinggal mencari berbagai informasi mudik gratis, girls. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading