Sukses

Lifestyle

Tips Mudik Lebaran Supaya Kamu Nggak Boros

Fimela.com, Jakarta Lebaran, bukan cuma identik dengan makan ketupat atau beramai-ramai salat Ied. Tapi, orang Indonesia punya budaya mudik yang mereka lakukan beberapa hari sebelum Lebaran. Bukan cuma beberapa hari sebelum hari-H, tapi hebohnya mudik sebenarnya sudah terasa minggu-minggu kedua Ramadan. Soalnya, mereka sedang sibuk booking tiket untuk pulang kampung. 

Makanya, nggak heran kalau tiket pesawat, kereta, dan ferry cepat habis. Nah, membicarakan mudik, ternyata fenomena besar ini merupakan salah satu kenapa kamu akhirnya boros banget selama liburan Lebaran. Soalnya, keperluan mudik itu ternyata nggak murah, girls. Belum tiket, belum bekal yang di bawa. Eh, jangan lupa oleh-oleh untuk keluarga di kampung. 

Nah, supaya kamu nggak jadi bokek saat libur Lebaran dan mudik, lebih baik kamu berhemat. Nggak mudah, sih, tapi nggak sulit juga kalau kamu mau berusaha dan bersikeras untuk nggak boros. 

Ilustrasi tiket | Via: delivetime.com

1. Pilih waktu yang tepat buat booking! Semakin mepet dengan hari Lebaran, semakin mahal tiket yang akan kamu beli. Nah, kalau tiket kelas ekonomi sudah habis terjual, terpaksa kamu pakai transportasi lain, atau justru membeli tiket kelas bisnis yang lebih mahal. 

2. Lebih baik kamu merencanakan mudik dari satuatau bahkan 2 bulan sebelum bulan puasa. Jadi, kamu nggak bakal kehabisan tiket, dan mungkin bisa dapat tiket lebih murah! Selain itu, kamu juga bisa mengatur uang dan menabung untuk mudik. Sebenarnya, kalau kamu dinasihatin sekarang, nggak bakal ngaruh, soalnya sekarang sudah mau memasuki minggu ketiga puasa. Tapi nggak apa-apa! Lain kali, rencanakan mudikmu dengan matang, ya, girls. 

3. Jangan bawa barang terlalu banyak. Mungkin, kamu merasa semua barang itu perlu dan harus kamu bawa mudik. Tapi, coba, deh, kamu pikir dua kali lagi. Memangnya kamu perlu bawa selimut? Begitu juga dengan makanan dan minuman. Kamu nggak perlu bawa nasi dan lauk-pauk saat mudik. Soalnya, kalau terlalu banyak bawa barang, kemungkinan besar bakal over weight dan kamu harus membayar biaya bagasi pesawat. Atau, kamu harus menyewa porter untuk mengangkut semua barangmu. 

Ilustrasi mudik naik bus (Via: soloposfm.com)

4. Kalau lokasi mudikmu nggak harus menyeberang laut, kenapa nggak mudik menggunakan mobil saja? Soalnya, mobil cenderung lebih murah. Kamu cuma butuh menghitung berapa bensin yang kamu butuhkan, dari dan ke Jakarta. Selain itu, juga uang tol. Selain nyaman, juga murah. Tapi hati-hati terjebak macet, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading