Sukses

Lifestyle

Eiko Ishioka, Desainer Kostum Ikonik Film The Fall dan Dracula

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu tak mengenal seniman dan kostum desainer asal Jepang yang telah beberapa kali mendapatkan penghargaan lantaran karya-karyanya yang menakjubkan, Eiko Ishioka, yang beberapa waktu lalu juga sempat menghiasi Google Doodle. Tapi, mungkin kamu sebenarnya sudah sangat familiar dengan karya-karya Eiko Ishiko.

Seniman yang menghembuskan napas terakhirnya pada 2012 itu 12 Juli lalu genap berusia 79 tahun. Ishioka dikenal sebagai desiner surealis, direktur artistik, dan desain grafis yang lebih sering menonjolkan sisi gelap menjadi sebuah karya yang sangat dramatis. Karya-karyanya telah diakui oleh dunia, tak heran jika ia sempat mendapatkan Grammy Award (untuk art-directing album Tutu milik Miles Davis), sebuah Oscar (untuk kostum dalam film Dracula Bram Stoker), dan tiga nominasi Tony (untuk karyanya pada tahun 1988 M. Butterfly dan Spider-Man: Turn Off The Dark, 2012).

Pada awalnya, Eiko Ishioka dikenal karena merancang kampanye iklan cetak yang menampilkan model telanjang atau hampir telanjang—yang sepertinya memang masih jarang terlihat di industrinya saat itu. “Untuk membuat iklan yang bagus, kamu harus mendekati pikiran dan tubuh orang lain,” ujar Ishiko seperti dikutip dari Vox.com, Kamis (13/7/2017).

Karya Eiko Ishioka dalam film The Fall. (Foto: thesofacinephile.files.wordpress.com)

“Itu sangat mengejutkan,” ujar Maggie Kinser, penulis 12 Japanese Maste, kepada Philippine Star. “Tapi dia melakukannya dengan cara yang membuat kamu tertarik pada sebuah keindahan, dan kemudian kamu baru tersadar kalau sebenarnya kamu tengah melihat puting susu.”

Pada tahun 1992, Ishioka semakin menunjukan keberadaannya dengan sebuah karya yang tidak biasa yang kamu bisa lihat dalam film Dracula yang digarap langsung oleh Francis Ford Coppola. Kostum yang dia buat termasuk yang dipakai oleh bintang Gary Oldman, yakni baju berwarna merah darah yang seperti otot. Karya Ishioka dalam film tersebut membuatnya berhasil meraih Oscar untuk desain kostum terbaik.

Eiko Ishioka. (Foto: thefilmexperience.net)

Memang tidak semua karya Eiko Ishioka mendapatkan pujian, namun tetap saja banyak diantaranya tetap diingat—termasuk ketika ia mengarahkan video music “Cocoon” milik Bjork pada tahun 2001 dan desain kostum film The Fall, 2006 (yang lebih ditonjolkan di Google Doodle), dan tahun 2010, sebuah drama musikal di Broadway, Spider-Man: Turn Off the Dark.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading