Sukses

Lifestyle

Hati-hati, Stres Bisa Pengaruhi Peluang Hamil

Fimela.com, Jakarta Bagi pasangan muda atau yang belum memiliki momongan, mendengar kabar kehamilan bisa jadi sesuatu yang paling ditunggu. Apalagi ketika kamu dan suami sudah menjalani program kehamilan. Dokter pun akan menyarankan agar kamu jangan sampai stres.

Dilansir dari KlikDokter, dr. Dyan Mega Inderawati menuliskan bahwa sebuah studi yang dilakukan oleh U.S. National Institutes of Health menelaah hubungan antara peluang kehamilan dengan stres.

Alasan stres bisa memengaruhi peluang hamil. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Studi tersebut melibatkan 274 wanita yang tengah mengikuti program kehamilan. Hasil dari studi itu adalah diketahui bahwa kadar enzim stres yang tinggi berbanding terbalik dengan peluang kehamilan wanita itu.

Dalam keadaan stres selain enzim alpha-amylase, tubuh juga mengeluarkan suatu zat yang bernama katekolamin. Katekolamin sendiri bisa menurunkan tekanan darah wanita sehingga memperlambat pergerakan sel telur yang sudah dibuahi.

Alasan stres bisa memengaruhi peluang hamil. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Jadi, bagi kamu dan suami yang sudah sangat menanti momongan, sangat disarankan untuk tetap selalu berbahagia. Hindari kegiatan yang bikin stres, ya. Ditambah, jangan stres jika memang belum diberi momongan. Yuk, baca artikel selengkapnya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading