Sukses

Lifestyle

Stres Bisa Jadi Penyebab Kolesterol Tinggi, Benarkah?

Fimela.com, Jakarta Keluhan stres karena macet tak berkesudahan setelah meeting yang menghasilkan pekerjaan baru kerap terdengar dari masyarakat perkotaan. Dalam satu sisi, stres kerap dibilang sebagai pangkal dari banyak penyakit salah satunya kolesterol tinggi.

Dilansir dari KlikDokter, dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA menuliskan bahwa terkait stres yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi, para ahli pun masih memperdebatkan hal tersebut. Pasalnya stres dan kolesterol tinggi punya mekanisme yang sangat kompleks.

Apakah benar stres bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi? (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Studi yang dilakukan di Skandinavia menemukan bahwa orang-orang yang tengah stres miliki kadar kolesterol baik (HDL) yang lebih rendah. Orang tersebut pun miliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang lebih tinggi.

Studi lain menyebutkan bahwa orang yang miliki beban pekerjaan berlebih, mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat dan penurunan kadar kolesterol baik. Pekerjaan yang menumpuk bisa menjadi cikal bakal stres.

Apakah benar stres bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi? (Sumber foto: pexels.com)

Kendati demikian, hasil dari kedua studi di atas masih menuai perdebatan di dunia para ahli. Pasalnya, banyak hal yang bisa memengaruhi hubungan keduanya. Lalu, bagaimana cara mengendalikan stres dan kolesterol tinggi? Baca selengkapnya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading