Sukses

Lifestyle

Hari Pramuka Diperingati Pada Tanggal 14 Agustus

Fimela.com, Jakarta Siapa yang waktu masih duduk dibangku sekolah dasar, atau SMP dan SMA mengikuti kegiatan ekstra kulikulernya Pramuka? Buat kamu yang ikut Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) ini pasti tahu betul kalau Hari Pramuka diperingati pada tanggal 14 Agustus. Tapi, apa kamu masih ingat tentang sejarah dari Pramuka?

Untuk mengingat kembali, dilansir dari situs resmi Pramuka, ternyata Pramuka nggak cuma ada di Indonesia. Sebelum di Tanah Air, Pramuka terlebih dahulu telah berkembang di Inggris lewat sebuah pembinaan remaja yang dilakukan oleh Lord Robert Baden Powell of Gilwell.

Semasa hidupnya Powell memang memiliki pengalaman yang belakangan sangat mempengaruhi kegiatan-kegiatan yang ada di dalam Pramuka, sebut saja keterampilan berlayar, berenang, dan berkemah. Pengalaman tersebut pun ia tuangkan dalam seuah buku yang diberi judul ‘Aids to Scouting’. Ternyata nggak hanya satu, ia pun mengeluarkan bukunya yang kedua pada 1908 berjudul ‘Scouting for Boy’.

Untuk di Indonesia sendiri pelopot gerakan kepanduan di Indonesia diawali dengan berdirinya Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) yang kemudian berubah menjadi Nederlands Indische Padvinders. Setelah itu, S.P Mangkunegara VII membuat organisasi yang diberi nama Javaansche Padvinders Organisatie (JPO).

Setelah JPO lahir di Tanah Air, banyak organisasi kepanduan lainnya yang bermunculan. Namun sayang, semasa penjajahan Jepang organisasi kepanduan dilarang untuk beraktivitas. Kehadiran Gerakan Pramuka di Indonesia mendapat tempat penting di Indonesia bertolak pada ketetapan MPRS No. II/ MPRS/ 1960. Presiden Sukarno memberikan amanat kepada pimpinan pandu di Istana merdeka pada 9 Maret 1961.

Setiap tahunnya tepat tanggal 14 Agustus diperingati sebagai hari lahir gerakan pramuka.

Sementara itu, lambang Pramuka berupa Tunas Kelapa baru disahkan dalam Keppres Nomor 238 Tahun 1961. Kemudian pada 14 Agustus 1961, secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada masyarakat setelah Presiden Sukarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keppres Nomor 448 Tahun 1961. Jadi, kamu sudah tahu kan alasan kenapa Hari Pramuka diperingati pada tanggal 14 Agustus.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading