Sukses

Lifestyle

Begini Caranya Biar Hubunganmu Dewasa dan Layak Naik Pelaminan

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang bilang, "ngapain sih pacaran? Mending langsung menikah," padahal pacaran juga penting bagi hubungan, lho. Nggak bisa dipungkiri, masa-masa pacaran itu proses membentuk pasangan.

Pacaran itu proses saling mengenal. Bukan cuma nama, tapi juga hal-hal detail yang ada di dalam dirinya. Untuk mengetahui hal-hal yang mendalam itu, nggak bisa dilakukan dalam waktu satu minggu atau satu bulan. Lama banget! Memang, sih, setelah menikah juga bisa dilanjutkan proses saling mengenalnya karena masih banyak waktu. Toh, pernikahan itu akan berlangsung seumur hidup. Tapi, pernikahan punya tantangan lain lagi selain "saling mengenal", jadi biar bebannya nggak double, memang baiknya manfaatkan waktu pacaran untuk saling mengenal.

Banyak yang beranggapan kalau pacaran itu nggak penting, lantaran hanya membuang waktu. Belum tentu kalau pacaran, bakalan langgeng sampai pelaminan. Hmm, sebetulnya itu pun nggak sepenuhnya salah karena memang kita juga belum tentu langsung pacaran dengan orang yang tepat untuk menjadi pasangan hidup kita kelak. Kendati demikian, kemungkinan buruk itu bisa diminimalisir kok.

Terlepas dari akan langgeng sampai pelaminan atau nggak, sebuah hubungan bisa diupayakan untuk mendapatkan yang terbaik kok. Kuncinya, jalani hubungan itu secara dewasa. Nah, selayaknya dua orang dewasa menjalin hubungan, ketahuilah apa yang harus kamu miliki agar hubungan tersebut melanggeng ke pelaminan.

8 Hal yang Dimiliki Hubungan Dewasa

1. Pastikan ke mana arah hubungan kalian. Seseorang yang sudah bersikap dan berpikir secara dewasa, nggak akan menjalani hubungan dengan modal "jalani aja dulu" doang.

Hubungan yang dewasa layak naik pelaminan. (Foto: unsplash.com/Rob Bye)

2. Buat komitmen, aplikasikan komitmen itu dalam kehidupan sehari-hari. Jangan cuma tersirat dalam perkataan, tapi cerminkan juga dalam perbuatan.

Hubungan yang dewasa layak naik pelaminan. (Foto: unsplash.com/

3. Ingat prinsip bekerja sama. Dalam hubungan, kamu dan pasangan punya tanggung jawab sama besar, punya hak yang sama besar. Setiap ada kesalahan, itu adalah kesalahan kalian berdua. Setiap ada hal menyenangkan, kalian layak menikmatinya berdua. Begitu pula untuk hal-hal lainnya. Ingat, bekerja sama.

Hubungan yang dewasa layak naik pelaminan. (Foto: unsplash.com/Jairo Cajilima)

4. Jangan membandingkan hubungan kalian dengan pasangan lain. Setiap pasangan dan setiap hubungan pasti berbeda. Fokus pada yang kalian sedang jalani saja.

Hubungan yang dewasa layak naik pelaminan. (Foto: unsplash.com/Jared Sluyter)

5. Realistis melihat keadaan. Terlalu banyak menengok rumput tetangga bisa bikin kamu lupa sama pekaranganmu sendiri. Coba realistis, rumput tetanggamu lebih hijau tentu saja karena dia rajin merawatnya, sementara kamu cuma sibuk mengamati tapi lupa merawat rumputmu sendiri.

Hubungan yang dewasa layak naik pelaminan. (Foto: unsplash.com/Elizabeth Tsung)

6. Selalu berusaha melakukan yang terbaik dari waktu ke waktu. Instead of memandangi apa pencapaian pasangan lain dalam hubungannya, lebih baik kamu fokus membaut pencapaian bagi hubunganmu. Terus upayakan yang terbaik!

Hubungan yang dewasa layak naik pelaminan. (Foto: unsplash.com/Nathan Mcbride)

7. Selalu terbuka dalam berkomunikasi. Pasangan yang dewasa nggak akan main tebak-tebakan isi pikiran. Mereka menyampaikannya, mereka mendiskusikannya, mereka menyamakan langkah mereka lewat komunikasi.

Hubungan yang dewasa layak naik pelaminan. (Foto: pexels.co)

8. Jangan menyerah! Buat mimpi-mimpi, terus berjuang bersama untuk mewujudkannya. Adanya cita-cita jangka panjang itulah yang akan memacu kalian untuk terus maju dan melakukan yang terbaik saat ini.

Hubungan yang dewasa layak naik pelaminan. (Foto: unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Gimana? Hubungan kamu dan si pacar saat ini sudah bisa dibilang dewasa atau belum?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading