Sukses

Lifestyle

Menyerang Selena Gomez, Penyakit Lupus Adalah…

Fimela.com, Jakarta Penyanyi cantik Selena Gomez mengunggah sebuah foto yang tidak biasa ke akun Instagramnya pada Kamis, 14 September 2017. Dalam postingannya tersebut, Selena menjelaskan bahwa akibat penyakit lupus yang dideritanya ia harus menjalani proses cangkok atau transplantasi ginjal beberapa waktu lalu.

Kekasih The Weeknd ini didiagnosa penyakit lupus sejak tahun 2015, tepatnya di bulan yang sama ketika albumnya yang berjudul 'Revival' rilis ke pasaran. "Aku telah didiagnosa menderita lupus dan aku telah menjalani kemoterapi. Aku bisa saja terkenal penyakit stroke," tutur Selena seperti dikutip dari Billboard, Jumat (15/9/2017).

Semenjak Selena mengunggah foto bahwa ia telah menjalani transplantasi ginjal, banyak orang yang mencari tahu tentang penyakit lupus. dr. Aryogi Rama Putra dalam tulisannya yang diunggah ke situs Klikdokter.com mengatakan Penyakit lupus lengkapnya disebut systemic lupus erythematosus (SLE) atau lupus eritematosus sistemik (LES), adalah penyakit autoimun yang dapat mengenai seluruh sistem organ tubuh. Pada SLE / LES terjadi ketidakseimbangan sistem imun (daya tahan tubuh) yang menyebabkan reaksi tubuh terhadap jaringan yang sehat.

Penyebab SLE / LES belum diketahui, namun riwayat genetik, hormon seks, dan lingkungan diduga memiliki pengaruh dalam perkembangan penyakit ini. “Mengingat penyakit ini dapat mengenai berbagai sistem organ tubuh, gejalanya bervariasi meliputi: demam, lemas, penurunan berat badan, kemerahan khas pada wajah berbentuk kupu-kupu (butterfly rash), nyeri otot dan sendi, gangguan saluran kemih, gangguan jantung, sistem pencernaan, kelainan darah, gangguan saraf, faktor psikologis, dsb,” jelas dr. Aryogi Rama Putra. Lalu bagaimana caranya mengatasi penyakit lupus? Temukan jawabannya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading