Sukses

Lifestyle

Kenapa Malam 1 Suro Bikin Banyak Orang Takut?

Fimela.com, Jakarta Malam 1 Suro kerap dianggap sebagai momen yang menyeramkan bagi banyak orang. Tak bisa dipungkiri, hari yang bertepatan dengan Tahun Baru Islam tersebut dianggap keramat bagi sebagian golongan, khususnya masyarakat Jawa.

Dianggapnya Malam 1 Suro sebagai momen penting, masyarakat Jawa pun miliki banyak sekali ritual-ritual khusus yang dijalankan. Ritual tersebut bisa dibilang identik dengan aura mistis.

Kenapa ya banyak orang takut dengan Malam 1 Suro? (Sumber Foto: kaskus.co.id)

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa banyak sekali orang yang mengadakan ritual pencucian keris atau senjata pusaka lain di hari itu. Ritual yang dinamakan panjamasan tersebut miliki cara khusus seperti beruasa, pati geni, menyiapkan sesaji yang dilengkapi dengan menyan, tumpeng dan lainnya.

Terlepas dari ritual khusus yang dijalankan, perfilman Indonesia pun sempat mengambil kisah Malam 1 Suro sebagai judul film yang dimainkan oleh Suzanna. Siap sih yang dulu nggak takut menonton film ini?

Kenapa ya banyak orang takut dengan Malam 1 Suro? (Sumber Foto: Kaskus)

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang langsung kabur ketika secara tak sengaja melihat opening salah satu film Suzanna. Tak bisa dipungkiri bahwa film misteri tersebut sangat populer dan ditakuti oleh generasi 90an.

Terlepas dari hal-hal mistis, Malam 1 Suro sendiri bisa dibilang sebagai tradisi yang dimaksudkan untuk memupuk kesetiaan warga Keraton. Jadi, di balik segala bentuk mitos dan tradisi, tentu kamu miliki presepsi sendiri tentang malam Tahun Baru Islam tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading