Sukses

Lifestyle

Jangan Sampai Nggak Tahu, Ini 5 Kemuliaan Bulan Muharram

Fimela.com, Jakarta Selamat Tahun Baru Islam! Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa Kamis (21/9/2017) adalah hari yang istimewa bagi umat Islam lantaran bertepatan dengan 1 Muharram 1439 H. dilansir dari situs Nahdatul Ulama, Nu.or.id, Jumat (22/9/2017), tahun baru Islam ditandai dengan masuknya bulan Muharram.

Pergantian tahun baru Hijriyah didasarkan pada peredaran bulan karena itu tahun Hijriyah sering juga disebut tahun Qamariyah. Nahdatul Ulama dalam tulisan berjudul Bulan Muharram yang diunggah ke situsnya pada Kamis (21/9/2017) juga menjelaskan bahwa terdapat sejumlah amalan-amalan utama baik ibadah murni maupun ibadah sosial.

Lalu apa saja kemuliaan bulan Muharram? Ada 5 kemuliaan bulan Muharram, yang pertama bulan Muharram merupakan bulan yang paling pertama dalam kalender Hijriyah. Kedua, bulan Muharram termasuk salah satu dari 4 bulan yang dijadikan Allah sebagai bulan haram (QS At-Taubah:36).

Ada miniatur Kakbah dan Alquran Jumbo di perhelatan karnaval 1 Muharram Kecamatan Gubeng Surabaya. (Liputan6.com/Dhimas Prasaja)

Ketiga, bulan Muharram dijadikan sebagai awal bulan dari tahun baru Islam. Keempat, pada bulan Muharram juga disunahkan bagi umat Islam untuk berpuasa. Lalu kelima adalah di bulan Muharram ada yang dinamakan dengan Hari Asyura. Itulah lima kemuliaan bulan Muharram yang wajib kamu tahu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading