Sukses

Lifestyle

Ada Ritual Apa Sih di Malam 1 Suro 2017?

Fimela.com, Jakarta Saat mendengar malam 1 Suro, pasti kamu akan mengaitkannya dengan berbagai kejadian mistis. Selain terkait hal mistis, kamu sudah tahu belum sih ada ritual apa saja di malam 1 Suro 2017?

Kamu harus tahu, ternyata malam 1 Suro itu nggak melulu mistis lho. Yaselain ritual tirakatan dan jamasan yang tak lain adalah memandikan benda kramat, kegiatan berdoa, puasa dan perenungan diri juga jadi bagian dari rangkaian ritual malam 1 Suro.

Melansir laman Liputan6, seorang pelaku tradisi kejawen, Tri Harwanto menjelaskan bahwa malam 1 Suro diartikan sama seperti Lebaran atau tahun baru Masehi yang di dalamnya terdapat perayaan atau tradisi yang dijalankan seperti berdoa bersama, makan bubur suro dan introspeksi diri hingga tengah malam.

Tradisi tersebut hingga kini pun masih berlangsung. Pada malam 1 Suro 2017, ada begitu banyak kegiatan ritual yang dilakukan di berbagai daerah. Seperti di Solo, Jawa Tengah, Pura Mangkunegataan menggelar kirab malam 1 Suro pada Rabu, 20 September 2017.

Dalam rangkaian kirab tersebut jajaran menteri juga turut hadir diantaranya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat, serta jajaran pemerintah daerah dan selebriti Indonesia pun turut hadir.

Kirab pusaka Malam Satu Suro di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Selain ritual Kirab tersebut, pada malam 1 Suro 2017, Abdi dalem Keraton Yogyakarta pun menggelar tradisi Lampah Budaya Mubeng Beteng, di mana para peserta tradisi ini akan berjalan dari pelataran Keben tanpa alas kaki dan tak berbicara sepatah kata pun.

Tujuan tradisi yang dilakukan pada malam 1 Suro 2017 itu ditujukan sebagai bentuk mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa. Nah, jadi sekarang kamu tahu ya kalau malam 1 Suro itu nggak melulu soal hal mistis, di mana tradisi tersebut juga dilakukan sebagai momen merefleksikan diri untuk menyambut tahun yang baru. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading