Sukses

Lifestyle

6 Kebiasaan Nggak Sehat yang Bikin Kamu Cepat Tua

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mendengar kalau cemberut atau sering marah-marah akan membuat wajahmu lebih tua dari umurmu? Terlepas dari benar atau nggaknya kabar tersebut, bagi perempuan, wajah yang terlihat muda bukan cuma teerlihat menarik. Tapi awet muda kini juga menjadi cermin betapa sehat hidup orang tersebut.

Menurut Evryday Health, apa yang kamu lakukan sehari-hari memang bisa memengaruhi raut dan kecerahan wajah. Terlihat lebih muda atau tua, semua tergantung dari kebiasaan yang dilakukan setiap harinya.Mulai dari makanan yang kamu makan, kegiatan yang kamu kerjakan, dan juga pola pikir serta aspek emosional.

Liu Yelin, wanita berusia hampir 50 tahun yang tetap bugar dan awet muda. (Sumber Foto: Instagram/queenyelin)

Nah, menurut Everyday Health, ada 6 hal yang memengaruhi penampilan dan juga kesehatan kulit di sekitar wajah. Kalau kamu melihat wajah seseorang yang lebih tua dari usianya, ini karena kulit mereka sudah tak lagi sehat dan mulai timbul kerutan-kerutan. Nah supaya kamu tetap awet muda, hindari 6 hal ini.

Kurang Tidur

Hati-hati, girls, ini sederet akibat kurang tidur yang berbahaya untuk kamu. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Jangan sepelekan jam atau durasi tidurmu setiap malam. Jangan cuma karena kamu sudah dewasa, lantas kamu berpikir waktu tidur itu nggak penting. Para ahli mengatakan, meskipun kamu sudah dewasa, kamu masih butuh tidur 7-8 jam sehari. 

Kurang Makan Sayur dan Buah

Lebaran jangan lupa makan sayur dan buah. (sumber foto: healthyliving.natureloc.com)

Kamu yang ingin awet muda bukan cuma dengan memerhatikan gaya berpakaian. Tapi yang paling penting adalah merawat diri dari dalam. Nah, kalau kamu ingin kulit sehat, termasuk kulit wajah, lebih baik kamu sering-sering makan sayur. Kurang makan sayur bikin kulit menjadi cepat tua dan kendur. 

Stres 

Jangan sampai kamu begini karena sering lembur ya! (Sumber Foto: SheKnows.com)

Setiap orang pasti pernah stres. Stres juga bisa membuat kesehatan menurun, termasuk kesehatan kulit pada wajah. Nah, untuk menghindarinya, lebih baik kamu berolahraga dan meditas untuk mengurangi stres. 

Merokok

Meski sepele, ini kebiasaan cewek yang bahaya untuk kesehatan kulit. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Bukan cuma bikin kesehatan hampir seluruh organ terganggu, merokok juga bisa mengurangi kilau dan kecerahan kulit. Kulit yang sehat itu seharusnya cerah dan nggak kusam. 

Alkohol

Jika mengalami sederet tanda ini, berarti kamu sudah kecanduan dengan alkohol. (Sumber Foto: Shuttertsock)

Kamu mungkin senang meminum alkohol. Mungkin, kamu menganggap rasanya enak. Tapi, semua jenis alkohol bisa mengganggu kesehatan liver. Nah, kalau liver sudah terganggu, hal ini akan tampak pertama kali pada wajah yang nggak bersinar dan nggak segar. 

Jarang Olahraga

Begini cara cerdas agar kamu tetap bisa olahraga saat cuaca panas. (Sumber Foto: PureWow)

Jangan anggap remeh olahraga. Jangan juga anggap olahraga hanya bikin tubuh sehat, tapi nggak berpengaruh pada kesehatan kulit. Padahal, olahraga juga bisa mengencangkan kulit sehingga kerupit pada wajah berkurang. Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi lemak serta mengeluarkan racun dalam tubuh. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading