Sukses

Lifestyle

5 Aktivitas Sehari-hari yang Berbahaya Buat Kesehatan Punggung

Fimela.com, Jakarta Saat menjalani hari kadang kamu mersa sangat bersemangat. Apa lagi ketika kamu akan melakukan aktivitas yang sangat kamu suka. Misalnya olahraga, atau sekadar melakukan berbagai aktivitas harian seperti membersihkan rumah.

Tapi, aktivitas yang seharusnya bisa bikin kamu bahagia, justru malah bikin harimu buruk dengan berbagai keluhan ringan. Misalnya sakit kepala, flu, atau bahkan sakit pinggang. 

Nyeri punggung hebat dan ketidaknyamanan pada anggota tubuh lain. (Via: akademia-zdrowia.pl)

Sakit pinggang ini, mungkin terdengaar seperti gangguan sepele yang nanti juga bakal sembuh sendiri. Tapi, beberapa sakit pinggang ternyata juga bisa bikin tubuhmu cedera atau bahkan menimbulkan sebuah gangguan saraf yang serius. 

Nggak banyak orang tahu kalau cedera atau sakit punggung ternyata disebabkan berbagai aktivitas harian yang biasa kamu kerjakan. Dari pada harimu jadi buruk dan kamu harus pergi ke tempat tukang pijat bahkan ahli saraf, Prevention menulis, lebih baik berhati-hati atau menghindari beberapa kegiatan ini. 

Terlalu Sering Duduk

Hati-hati, duduk terlalu lama di kantor tingkatkan risiko kematian. | via: amazonaws.com

Terutama buat kamu pekerja kantoran. Saking banyaknya pekerjaan di atas meja, kamu jadi jarang bergerak. Posisi tubuh saat duduk kamu pun akhirnya jadi nggak benar. Nah, kalau kamu nggak mau sakit pinggang, lebih baik kamu melakukan olahraga seperti yoga atau pilates. 

Perjalanan Panjang

Begini cara cepat atasi badan pegal karena macet saat mudik. (Sumber Foto: Green Flag)

Buat kamu yang tinggal di Ibu Kota dan harus menempuh perjalanan jauh rumah-kantor dan sebaliknya, lebih baik kamu waspada. Kamu yang menggunakan bus, taksi, atau mobil pribadi, posisinya akan mirip dengan duduk seharian di kantor. Sementara kamu yang naik kereta atau bus kota yang penuh sesak, pinggang bisa saja sakit karena terpelintir dan posisi berdirimu nggak tegak. 

Nggak Olahraga

Begini cara cerdas agar kamu tetap bisa olahraga saat cuaca panas. (Sumber Foto: PureWow)

Nah, seperti yang tadi dibilang di atas, semua aktivitas harian yang kelihatannya sepele memiliki potensi untuk mencederai tubuhmu. Tapi, itu semua bisa diminimalkan atau dihindari dengan cara berolahraga. Makanya, jangan malas untuk pergi ke gym atau berolahraga di rumah. 

Yoga

Bridge Pose | Sumber Foto: doyouyoga.com

Kamu mungkin bukan gym rat yang tiap pulang kerja ke pusat kebugaran untuk berlatih otot dan juga kekutan tubuhmu. Tapi, ada banyak jenis olahraga lain yang mungkin kamu sukai. Misalnya yoga. Pose-pose yoga bisa membantu meluruskan tulang punggung. 

High Heels

Punya high heels kebesaran? Atasi dengan cara sederhana. (Image: sheknows.com)

Ya, buat kamu para cewek yang setiap hari pakai heels, lebih baik kamu istirahatkan kaki kesayanganmu. Bentuk dan posisi kaki saat jalan memengaruhi tulang ekor dan juga tulang punggung. Kamu memang akan terlihat lebih anggun kalau pakai heels. Tapi kalau terlalu lama memakainya, akan berakibat fatal pada tulang punggung dan saraf. Coba saja pakai sepatu biasa atau sandal jepit untuk mengistirahatkan kaki, di sela-sela jam kantor yang sibuk dan penuh formalitas. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading