Sukses

Lifestyle

Biar Payudara Sehat, Ini 5 Cara Cuci Bra yang Benar

Fimela.com, Jakarta Kesehatan payudara sangat penting buat para cewek. Apa lagi, dari tahun ke tahun, kasus kanker payudara semakin bertamah di dunia. Banyak banget kaum Hawa yang merelakan kedua payudaranya diangkat akibat habis digerogoti kanker dan tumor ganas. 

Makanya, kesehatan payudaramu itu harus dijaga dengan menjalani hidup sehat. Mulai dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, hingga olahraga rutin. 

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pijat payudara, agar aliran darah seputar payudara lancar. Sehingga, nggak akan ada penyumbatan di area sekitar dada. Pijat payudara ini juga bisa mencegah kanker dan tumor, lho! 

Ilustrasi kanker payudara. (Sumber Foto: silbermanvoices.com)

Tapi, selain makanan, olahraga, dan pemijatan, ternyata kesehatan payudara juga ada hubunganya dengan bra yang selalau kamu pakai setiap hari. Dilansir dari Prevention, bra yang bersih dan dicuci dengan cara yang tepat akan membuat payudaramu selalu sehat. 

Cuci Bra

Menurut Richard Block dari Life Detergent, bra seharusnya dicuci minimal usai 3 kali pemakaian. Tapi, sepertinya di negara tropis, kamu harus mencuci bramu setiap kali habis dipakai, deh! Soalnya, keringatmu yang menempel pada bra akan menjadi sarang bakteri dan kuman yang nyaman. 

Sabun Cuci 

Ilustrasi bra. (Image: blog.lighterlife.com)

Jangan pernah cuci bra pakai sembarang sabun cuci. Pilih sabun cuci yang lembut dan nggak akan merusak bahan bra yang halus. Kalau bisa, gunakan sabun untuk mencuci baju bayi. Kalau nggak ada, lebih baik pakai shampoo atau conditioner. 

Pakai Tangan

Memakai bra saat tidur bisa picu kanker, mitos atau fakta? (Sumber Foto: Twenty20/PureWow)

Banyak cewek yang nggak mau ribet dan memilih untuk mencuci bra di mesin cuci. Meskipun nggak ada kawatnya, bra itu memiliki bahan yang berbeda dari baju biasa. Jadi, kalau bisa bra nggak boleh sampai mengkerut bahannya. Selain itu, kadang jahitan akan lepas karena dicuci pakai mesin. Jadi sebaiknya kamu cuci pakai tangan. 

Pengeringan

Ilsutrasi bra | via: wikia.nocookie.net

Jemur bra kamu di tempat yang nggak terlalu panas atau terkena sinar matahari langsung. Jangan pakai mesin pengering karena bentuk bra akan berubah. 

Beli Bra Baru

Bra usang tapi masih nyaman banget dipakai. (Sumber foto: buzzfeed.com)

Kapan waktu yang tepat buat beli bra baru? Pertama, ketika bramu sudah berubah bentuk busa, bentuk keseluruhan, dan terutama bentuk kawat. Kedua, kamu harus beli baru kalau bramu sudah rusak atau usang, seperti karet sudah melar atau warna bahan pudar. Meski bramu masih terawat dan bagus, usahakan untuk membeli bra baru setahun sekali. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading