Sukses

Lifestyle

Batuk Kronis Pertanda Bakal Muncul Penyakit Paru-paru Serius?

Fimela.com, Jakarta Cuaca yang kian berganti dari panas dan hujan kadang membuatmu jatuh sakit. Kata orang dulu, penyakit ini dikarenakan pancaroba. Biasanya, penyakitnya meriang, flu, dan juga batuk. Nah, batuk yang dikarenakan pergantian musim ini biasanya mudah diobati. 

Bahkan, bagi sebagian orang, mereka nggak perlu obat apa pun untuk menghilangkan batuk. Mereka cuma akan minum minuman hangat dan juga beristirahat. 

Tapi, kamu pasti pernah mendengar orang batuk yang nggak ada habisnya. Setiap hari batuk dan nggak kunjung membaik. Padahal, orang tersebut sudah minum obat batuk. 

Nah, batuk semacam ini biasanya disebut dengan batuk kronis. Dilansir dari Klik Dokter, batuk kronis ini biasanya berlangsung selama 1 hingga 2 bulan lebih. Sementara penyebabnya beragam. Klik Dokter menulis, orang bisa terkena batuk kronis akibat ada banyak lendir di saluran napas. 

Penyembuhan dan Penyebab

Selain itu, juga ada pemicu lainnya seperti debu ata asap. Refleks batuk ini sebenarnya reaksi normal dan pertanda kalau tubuh berfungsi dengan baik. Meskipun susah untuk dihilangkan, batk kronis ini tetap bisa disembuhkan, kok! 

Kamu cuma harus ke dokter dengan segera. Soalnya, kalau nggak diobati, batuk nggak akan berhenti, lho! Nah, dokter nanti akan menganalisa apa yang menjadi penyebab dari batuk kronismu ini. 

Sirup obat batuk tidak efektik redakan batuk. (Ilustrasi: Medical News Today)

Penyebabnya ada berbagai macam. Seperti asma, alergi obat, infeksi pada tenggorokan akibat bakteri, dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis atau (PPOK). Kalau nggak disembuhkan, batuk ini akan menyebar dan menyebabkan paru-parumu terinfeksi. Jadi, jangan biarkan batuk yang nggak sembuh-sembuh, ya! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Batuk-batuk merupakan refleks tubuh untuk membersihkan saluran napas dari lendir atau bahan penimbul iritasi lain seperti debu atau asap.

    Batuk-batuk

  • Batuk kronis adalah batuk yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Biasanya, masa berlangsungnya batuk hingga satu atau dua bulan lebih.

    Batuk Kronis

  • Batuk Tak Sembuh

What's On Fimela
Loading