Sukses

Lifestyle

Menyaksikan Keindahan Hujan Meteor Orionid

Fimela.com, Jakarta Hujan meteor kini nggak cuma bisa kamu saksikan di film-film, karena kini kamu juga bisa menyaksikan hujan meteor Orionid secara langsung lho. Dilansir dari The Mirror, Jumat (20/10/2017, hujan meteor Orionid yang merupakan pecahan komet Haley ini sebenarnya bisa dilihat sepanjang Oktober.

Tapi, puncak hujan meteor Orionid sendiri akan terjadi pada 20-21 Oktober 2017. Kamu yang nggak mau ketinggalan menyaksikan hujan meteor Orionid, maka harus siap-siap begadang nih, karena waktu terbaik untuk melihat hujan meteor Orionid adalah setelah tengah malam hingga menjelang fajar.

Dilansir dari Infoastronomy.org, Hujan meteor bisa terjadi karena dalam orbitnya mengelilingi Matahari, planet Bumi kita bergerak melintasi bekas jalur orbit sebuah komet di mana di sana terdapat banyak partikel debris yang ditinggalkan sang komet saat menguap dalam proses mendekati Matahari.

Pegiat astronomi Langit Selatan Avivah Yamani menuliskan saat puncak hujan meteor Orionid berlangsung, pengamat bisa mengamati 20 hujan meteor setiap jam atau lebih jika terjadi peningkatan periodesitas di tahun 2017.

Menyaksikan Keindahan Hujan Meteor Orionid. (Foto: upload.wikimedia.org)

Hujan meteor Orionid merupakan salah satu hujan meteor yang dengan aktivitas yang cukup tinggi antara 40 – 70 meteor per jam selama 2 – 3 hari berturut-turut. Analisa data hujan meteor Orionid dari tahun 1984 – 2001 memperlihatkan kalau laju maksimum setiap tahunnya beragam antara 14 – 31 meteor per jam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading