Sukses

Lifestyle

Ada Hujan Meteor Orionid Malam Ini, Jangan Sampai Kelewatan!

Fimela.com, Jakarta Akhir bulan Oktober 2017 menjadi momen terbaik untuk kamu menyaksikan berbagai fenomena langit yang nggak biasa. Mulai malam ini tepatnya tangal 20-22 Oktober 2017, kamu bisa menyaksikan hujan meteor Orionid yang bisa disaksikan mulai tengah malam hingga subuh.

Wah momen ini sangat pas ya, apalagi buat kamu yang sudah punya rencana berkumpul dengan keluarga atau teman-teman di akhir pekan, hujan meteor Orionid ini bisa jadi salah satu hiburannya.

Melansir laman Business Insider, akan ada banyak meteor yang jatuh, yaitu sekita 10-30 meteor perjam yang kamu bisa saksikan setiap malam di tanggal 20, 21 dan 22 Oktober 2017. Jangan lupa, waktu terbaik untuk menyaksikan hujan meteor ini adalah pukul 1.30 dini hari.

Ngomong-ngomong soal Orionid, meteor ini ternyata adalah sisa-sisa puing dari komet Halley yang terbentuk dan dibakar di atmosfer. Sisa puing tersebut pun menjadi batu bercahaya yang terbang melintasi antariksa dan nanti malam bisa kamu saksikan langsung dengan mata telanjang.

Ilustrasi hujan meteor. (Sumber Foto: Instagram/crazyasian49)

Hujan meteor Orionid pertama kali ditemukan oleh E.C Herrick pada tahun 1839. Usai penemuan tersebut A. S. Herschel pun melakukan pengamatan hujan meteor Orionid di mana ia menemukan intensitas yang beragam setiap tahunnya yaitu antara 14-31 meteor per jam.

Namun pada tahun 2006-2013 terjadi intensitas hujan meteor Orionid yang cukup besar, di mana pada malam puncak pengamat bisa menyaksikan 30-70 meteor per jam. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading