Sukses

Lifestyle

Ini Lho 7 Skill Individu yang Harus Kamu Punya Sebelum Menikah

Fimela.com, Jakarta Mempersiapkan diri sematang mungkin sebelum berperan jadi pasangan dalam sebuah hubungan itu memang perlu, karena hubungan itu bukan cuma tentang jatuh cinta, senang-senang, berkencan, perhatian, dan segala bentuk romantis-romantisan. Hubungan jauh lebih kompleks dari itu, terutama pernikahan.

Dalam pernikahan, menemukan "pintu keluar" nggak semudah seperti ketika kamu pacaran kemudian menemukan pacarmu punya sifat menyebalkan yang nggak bisa kamu tolerir. Pernikahan itu skaral, pernikahan itu berarti kamu secara sadar mengikatkan dirimu dalam sebuah komitmen yang sah di mata agama dan negara. Makanya sebelum memutuskan untuk menikah, banyak sekali hal yang perlu jadi bahan pertimbangan. Yang utama adalah kesiapan diri.

Pernikahan bukan waktunya lagi untuk mengenal dan memahami tampak luar dari satu sama lain. Kalau cuma sekadar sifat asli, kebiasaan, apa yang dia suka dan nggak suka, itu sih harusnya dikhatamkan sejak pacaran. Butuh dua orang yang sama-sama siap untuk membangun pernikahan yang langgeng dan harmonis, bukan cuma sebagai pasangan, tapi juga sebagai individu. 

Setidaknya, ketujuh "skill" individu inilah yang harus kamu punya sebelum menikah, sebagai penanda kalau kamu sudah siap.

Mencintai diri sendiri

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Brooke Cagle)

Mencintai diri sendiri, bahkan lebih dari kamu mencintainya, akan membuat kakimu tetap berpijak di bumi meski cinta dan kebahagiaan dalam hubungan membawamu terbang melayang-layang. 

Mengontrol emosi

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Ya, sebab bukan hanya kamu yang memiliki emosi dan yang harus dimengerti. Pasanganmu nanti juga merasa demikian. So, kontrollah emosimu.

Berkomunikasi

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Jordan Bauer)

Komunikasi yang baik adalah fondasi yang kuat bagi hubungan.

Berkompromi

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Kompromi dalam hubungan ibarat batu pijakan yang menuntun kalian terus melaju. Pastikan kalian berdua memiliki kemampuan itu.

Berkomitmen

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Henri Pham)

Komitmen akan mampu membuat kalian tetap bersama dalam kondisi apapun, bahkan saat cinta yang kalian punya sedang pudar.

Berjuang

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Allef Vinicius)

Akan banyak tantangan dalam perjalanan kalian kelak, milikilah kebiasaan teguh dalam berjuang agar tantangan apapun yang menghadang pernikahanmu nanti, kakimu kan tetap berdiri tegak.

Setia

Ilustrasi Relationship. (Foto: unsplash.com/Katy Belcher)

Pernikahan yang langgeng dan harmonis tanpa kesetiaan hanyalah angan-angan. Sejak pacaran, bahkan ketika kamu masih jomblo sekalipun, belajarlah untuk setia. Maknailah hubungan yang dilandasi cinta lebih dalam dari sekadar senang-senang. Hargailah pasanganmu, juga dirimu sendiri. Dengan begitu, kamu akan mengerti tentang kesetiaan dan menerapkannya semudah bernapas dalam pernikahanmu kelak!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading