Sukses

Lifestyle

7 Hal yang Bisa Dipelajari dari Hubungan yang Nggak Sehat

Fimela.com, Jakarta Nggak ada orang yang mau merasakan gagal dalam menjalin hubungan dan merasakan sakit hatinya. Semua pasti ingin berhasil dan selalu berbahagia berdua. Sayangnya, hidup kan bukan cuma tentang apa yang kita inginkan. Apa yang awalnya kita kira bahagia ternyata berakhir luka, yang terlihat cinta pun bisa jadi benci setelah dijalani. 

Kita, kamu, dituntut untuk paham bahwa semua itu terjadi bukan semata karena adanya perubahan. Kadang kala, apa yang dia tunjukkan di luar sangat berbeda dengan sifat yang kamu hadapi sehari-hari karena memang begitulah sifat aslinya. Atau bisa juga itu merupakan cara semesta untuk menunjukkan pada kamu bahwa kamu dan dia nggak ditakdirkan untuk bersama.

Yang terpenting dari itu semua adalah bagaimana sikapmu dalam menghadapinya. Kalau kamu bersikap positif dan selalu berusaha mencari sisi baik bahkan dari kejadian buruk sekalipun, minimal kamu akan dapat pelajaran berharga dari sana. Seperti ketika kamu berada dalam hubungan yang nggak sehat, lalu mengakhirinya. 

Dengan sikap yang positif, lepas dari hubungan yang nggak sehat itu memberimu banyak pelajaran, di antaranya:

1. Tentunya kamu jadi belajar untuk lebih mencintai diri sendiri

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Fernando Brasil)

Kamu memiliki kesadaran untuk lepas dari hubungan yang nggak sehat itu pasti karena perasaan cinta pada dirimu, meski kamu nggak menyadarinya. Kamu merasa dia nggak bisa memperlakukan kamu dengan baik makanya kamu meninggalkannya. Setelah benar-benar lepas, barulah kamu sadar kalau mencintai diri sendiri itu lebih penting.

2. Kamu jadi lebih handal menyusun daftar prioritas

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Paling nggak, kamu tahu lah kalau mengutamakan kebahagiaan diri sendiri itu harus, sebelum kamu membahagiakan orang lain.

3. Kamu semakin mensyukuri keberadaan orang-orang baik di sekitarmu

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Omar Lopez)

Dalam hubungan yang nggak sehat, kamu pasti dapat perlakuan yang nggak menyenangkan. Segera setelah kamu terbebas darinya, karena itulah kamu akan jadi lebih peka terhadap kebaikan yang ada di sekitarmu.

4. Kamu kembali merasa berdaya

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Holly Mandarich)

Kamu memilih jalanmu, kamu memilih kebahagiaanmu sendiri. Selama ini kamu pikir kamu nggak bisa lepas darinya, tapi ternyata kamu bisa. Kamu pasti jadi merasa kuat, kan? :)

5. Dengan kekuatan itu, kamu jadi punya banyak energi untuk berkarya

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Yes! Ini yang paling menyenangkan setelah kamu berhasil lepas dari hubungan yang nggak sehat. Kamu jadi punya banyak ruang dan waktu untuk berkarya, ataupun melakukan hal-hal yang kamu senangi lainnya.

6. Pastinya kamu juga jadi lebih bijaksana dalam hal hubungan asmara

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Jeremy Cai)

Well, pasti kamu akan sedikit memperketat kriteria calon pasangan sih. Kamu tahu sifat-sifat yang bisa bikin hubungan jadi nggak sehat, dan kamu akan cenderung menghindarinya. Bukan nggak mungkin, sisa-sisa hubungan kemarin akan meninggalkan trauma. Tapi semua ini akan kamu hadapi denga bijaksana.

7. Kamu meng-upgrade kualitas diri

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Hanna Morris)

Oh, jelas! Kualitas dirimu akan meningkat setelah ini. Kamu telah banyak menemukan hal-hal yang semestinya nggak ada dalam hubungan, jadi akan lebih berhati-hati dalam bersikap. Hal tersebut juga berlaku untuk dirimu sebagai individu.

Seburuk-buruknya kisah yang terjalin, tetap banyak pelajaran yang bisa kamu ambil kalau kamu mau membuka mata, dan bersikap positif menghadapinya. Kelak, setelah kamu siap membuka hati untuk menjalin hubungan dengan yang baru, semua itu akan membuat hubungan kalian lebih baik lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading