Sukses

Lifestyle

Bahaya, 3 Penyakit Kelamin Ini Tetap Menular Meski Pakai Kondom

Fimela.com, Jakarta Penyakit menular seksual atau biasa disebut dengan STD, merupaka salah satu masalah terbesar yang ditakutkan banyak orang dewasa yang aktif melakukan hubungan seksual. Soalnya, selain karena ada beberapa penyakit yang nggak bisa sembuh, STD juga sangat mudah menular. 

Tentu saja, semua penyakit kelamin akan menular ketika melakukan hubungan seks. Makanya, kondom sangat diperlukan dan penting buat kamu. Bukan cuma menjaga pria, tapi kamu sebagai cewek juga wajib untuk menjaga dirimu sendiri. 

Masalahnya, ternyata nggak semua STD bisa diproteksi menggunakan kondom. Dilansir dari STD Check, ada beberapa penyakit yang bisa menular hanya dengan bersentuhan kulit dengan kulit. 

Nah, meskipun sudah memakai kondom, kamu tetap harus berhati-hati. Tentu saja, setia dengan pasangan adalah cara yang sangat ampuh untuk mencegah tertular STD

HPV

Buat kamu yang aware dengan kanker leher rahim atau serviks, mungkin kerap mendengar yang namanya HPV atau human papillomavirus. Ya, virus inilah yang menyebabkan adanya kanker leher rahim. Dan ternyata, HPV ini termasuk dalam kategori STD, lho!

Kanker jenis ini sudah banyak membunuh banyak kaum hawa. Sebagian kasus nggak memiliki gejala. Tapi kebanyakan, cewek yang mengidap kanker jenis ini memiliki kutil pada daerah kewanitaannya. Karena kutil ini nggak bisa ditutup dengan kondom, makanya HPV bisa menular hanya dari sentuhan kulit ke kulit. 

HPV juga bisa diderita cowok, grls. Seramnya, nggak ada alat dan metode test STD buat cowok. Sebagian kasus pada kaum adam memiliki gejala yang terlihat, sebagian lagi justru nggak ada gejala sama sekali. 

Herpes

Herpes itu memang memiliki banyak jenis. Salah satunya, herpes pada genital atau alat kelamin. Penyakit ini nggak bisa disembuhkan. Tandanya, ada luka pada alat kelamin, anus, atau paha bagian atas. Karena luka itu nggak tertutup kondom, makanya sangat mudah menular. 

Kutu

Rambut kelamin ternyata juga bsia kutuan. Nah, kutu rambut kemaluan ini nggak bisa dilindungi dengan kondom. Jadi, ketika berhubungan seks dengan orang yang memiliki pubic lice, makan akan tertular meski sudah menggunakan kondom. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading