Sukses

Lifestyle

2 Kebiasaan Buruk yang Bikin Infeksi Pencernaan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami muntah-muntah usai makan atau minum sesuatu? Ternyata, muntah-muntah yang disertai sakit perut ini nggak cuma dikarenakan keracunan makanan. Tapi juga bisa karena infeksi pada sistem pencernaan. 

Infeksi ini sebenarnya sering terjadi. Tapi, banyak orang yang mengabaikan gejalanya, hingga akhirnya infeksi sangat parah dan harus dilarikan ke rumah sakit. 

Dilansir dari Health Grades, infeksi ini biasanya disebabkan karena adanya bakteri jahat di dalam organ sistem pencernaan. Bisa di lambung, usus, atau juga pada organ lainnya. 

Biasanya, jenis bakteria yang bikin infeksi adalah ecoli, slmonella dan shigella. Tapi, itu cuma bakteri-bakteri yang sering ditemukan saja. Bakteri jahat lain pun ada, namun jarang ditemui. Terus, kok bisa sih, muncul bakteri berbahaya seperti itu? Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang banyak orang kerap lakukan. 

Minum Sembarangan

Kamu mungkin sering merasa haus dan ingin jajan minuman di pinggir jalan. Tapi, kamu harus hati-hati. Soalnya, kamu nggak tahu kualitas air yang akan mereka gunakan untuk membuat minuman yang kamu pesan. 

Nah, kalau air itu mengandung bakteri, kamu bakal terkontaminasi dan bakteri itu akan mengakibatkan infeksi pada organ pencernaan. 

Makan Makanan Mentah

Sushi bukan cuma digemari hampir semua orang. Tapi, juga menjadi salah satu makanan paling populer di seluruh dunia. Sayangnya, nggak semua sushi sehat, girls. Soalnya, sushi yang menggunakan daging mentah atau telur mentah sangat rawan. 

Kalau kualitasnya nggak premium, daging dan telur mentah itu masih memiliki bakteria dan bahkan kuman yang bisa mengakibatkan infeksi pada organ pencernaan. Jadi, hati-hati pilih sushi, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading