Sukses

Lifestyle

3 Tanda Ini Muncul Saat Kencing? Jangan-jangan Tanda Batu Ginjal

Fimela.com, Jakarta Msalah air seni dan kencing mungkin nggak pernah dipikirkan anak-anak muda. Soalnya, penyakit yang berkaitan dengan gangguan kandung kemih dan ginjal biasanya cuma dimiliki orang-orang tua. 

Tapi, ternyata penyakit-penyakit ini juga bisa menyerang kamu yang masih berusia 20-an atau awal 30-an tahun. Termasuk batu ginjal. 

Nggak banyak orang yang tahu soal batu ginjal ini. Dilansir dari Women's Health Magazine, batu ginjal merupakan batu kecil di dalam ginjal. Batu tersebut, biasanya merupakan endapan mineral, terutama kalsium oksilat dan juga asam urat. 

Penyakit ini sangat serius dan harus cepat ditangani dokter. Mungkin, untuk berjaga-jaga, kamu ingin tahu apa saja tanda-tanda utama kalau orang memiliki batu ginjal. 

Sakit pada Punggung, Perut, dan Pinggang

Salah satu tanda kalau kamu punya masalah pada ginjal dan mungkin memiliki batu ginjal adalah rasa sakit pada punggung bagian bawah. Atau juga perut, serta pinggang. Jadi, segera minum air mineral yang banyak supaya nggak makin parah, ya! 

Panas dan Terbakar Saat Pipis

Selain rasa pegal atau sakit di pinggang serta punggung, penderita batu ginjal juga sering merasa terbakar atau panas saat kencing. Kadang, gejala ini juga bisa menandakan adanya infeksi pada saluran kemih. 

Kecing Sedikit

Selain ada sensasi burning saat kencing, juga jumlah air seni yang keluar sangat sedikit. Mungkin, banyak orang yang bilang anyang-anyangan. Nah, kalau sudah sering begini, kamu harus periksa ke dokter, ya! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading