Sukses

Lifestyle

3 Jenis Diare yang Mungkin Sangat Berbahaya Buat Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Diare, salah satu penyakit yang ternyata bisa membahayakan nyawa kalau terlampau parah. Penyakit yang biasanya disebabkan karena bakteria ini biasanya nggak berbahaya meski bikin kamu jadi lemas. 

Nggak heran, soalnya kamu kehilangan banyak cairan tubuh. Bahkan, diare juga bisa disertai dengan muntah dan mual-mual, lho. 

Makanya, kamu harus menjaga kesehatan dan juga kebersihan. Soalnya, kebanyakan orang menderita diare karena nggak cuci tangan sebelum makan, atau jajan sembarangan. Selain diare karena bakteri, juga ada jenis diare lain yang cukup berbahaya buat kesehatan. 

Pseudodiarrhea

Berapa kali biasanya kamu BAB saat sedang diare? Biasanya, orang akan BAB 2-3 kali. Tapi, kalau lebih dari 3 kali dalam sehari, ini namnya pseudodiarrhea. 

Dilansir dari Prevention, diare jenis ini banyak penyebabnya. Mulai dari konstipasi, atau diare biasa seperti bakteri. Untuk menghentikannya, kamu cuma butuh lebih banyak serat. 

Paradoxical Diarrhea

Diare yang satu ini mungkin jarang kamu dengar. Kalau biasanya diare selau cair atau mencret, diare kali ini beda. Pasien akan merasa sembelit tak bisa BAB. Ketika feses keras sudah keluar, feses cair kemudian keluar mengikuti. Jadi, kamu seperti mengalami sembelit dan diare bersamaan. 

Exudative Diarrhea

Diare satu ini yang paling berbahaya. Karena feses cair keluar bercampur dengan darah. Biasanya, diare ini merupakan salah satu gejala dari berbagai penyakit kronis lain seperti Crohn's atau ulcerative colitis. Sebaiknya kamu pergi ke dokter dan dipereiksa ya, girls. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading