Sukses

Lifestyle

Cewek Sering Kena, Ini 3 Gejala Infeksi Saluran Kemih

Fimela.com, Jakarta Masalah kesahatan cewek memang banyak banget. Mulai dari keputihan, benjolan pada payudara, sakit saat PMS, haid nggak lancar, dan termasuk infeksi kantung kemih. Penyakit yang satu ini memang bisa juga terjadi pada cowok. Tapi, ternyata ada banyak fakta menarik pada cewek yang menderita penyakit ini. 

Women's Health Magaizine menulis, menurut National Kidney Foundation, 1 di antara 5 cewek paling nggak pernah sekali mengalami infeksi pada saluran kemihnya. Dan sekali kamu kena, kamu jadi rawan untuk kena lagi dan lagi. 

Soalnya, 20-30 persen cewek mengalami infeksi yang berulang. Tapi nggak usah panik, sebagian besar kasus penyakit ini bisa diatasi dengan antibiotik. Bukannya nakut-nakutin, tapi ada juga yang pengobatannya gagal dan akhirnya penyakit menyebar ke ginjal. 

Nah, pada kasus seperti itu, kamu baru harus ekstra waspada. Kamu mungkin harus bertanya langsung kepada dokter spesialis untuk mendapat penanganan yang terbaik dan tepat. 

Makanya, jangan tunggu sampai infeksi saluran kemih menjadi parah, girls. Kamu harus tahu tanda-tandanya supaya bisa ditangani sebelum parah. 

Air Kencing Seperti Teh

Coba sekali-kali perhatikan, deh. Kalau air kencing kamu berwarna pink atau kemerahan seperti teh, kamu harus waspada. Soalnya, ini salah satu tanda adanya infeksi pada saluran kemih. Biasanya, tanda ini juga disertai dengan bau yang sangat kuat dan tajam. 

 

Kalau warnanya sudah seperti ini, banyak-banyak minum air mineral dan langsung ke dokter, ya! Perubahan warna ini disebabkan karena adanya infeksi dan kemungkinan adanya pendarahan pada saluran kemihmu

Sering Pipis, Tapi...

Tanda lainnya yang common banget adalah kamu sering bolak-balik ke kamar kecil. Tapi pas duduk atau jongkok, air seni yang keluar cuma seiprit. Bukan, ini bukan anyang-anyangan biasa. Kamu harus banyak-banyak minum air meneral supaya nggak tambah parah. 

Hal ini disebabkan karena pada saat terjadi infeksi, bakteria membuat iritasi uretra dan kantung kemih. Jadi, cepat-cepat harus ditangani, ya! Jangan sampai terlambat dan tambah parah. 

Mirip PMS

Kamu merasa cramp pada perut bagian bawah? Tapi bukan PMS dan belum waktunya mens? Nah, ini juga harus kamu waspadai, girls. Bisa jadi ini salah satu tanda kamu mengalami infeksi pada saluran kemih. 

Apa lagi kalau rasa sakit pada perut bagian bawahmu semakin tajam dan menjadi-jadi. Women's Health Magazine juga menulis, kamu harus cepat-cepat ke dokter kalau rasa sakit ini dibarengi dengan demam. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading