Sukses

Lifestyle

Sepatu Bau Usai Olahraga? Jangan Tetap Dipakai, Begini Cara Atasinya

Fimela.com, Jakarta Usai melakukan olahraga, kamu mungkin malas untuk meletakkan sepatu olahragamu di tempat yang nggak lembab. Alhasil, sepatu yang sudah bercampur dengan keringatmu akhirnya menimbulkan bakteria dan tumbuh jamur. 

Nah, bakteria inilah yang akhirnya menimbulkan bau tak sedap. Bukan cuma sepatumu, tapi juga kakimu. Kalau sudah parah, apa lagi disertai dengan telapak kaki yang lembab, kulit telapak kaki bahkan bisa terkelupas dengan sendirinya. 

Kamu nggak mau, kan, mengalami hal ini? Bukan cuma malu, tapi kamu juga pasti peduli dengan kesehatan, termasuk kesehatan kakimu. 

Nah, supaya kamu nggak mengalami kejadian ini lagi, segera cuci sepatu olahragamu paling nggak seminggu sekali. Terus, jangan sampai membiarkan sepatu lembab. Dan, yang paling penting, mengikuti 3 langkah di bawah ini untuk mengusir bau tak sedap di sepatu tanpa harus mencucinya. 

1. Pakai Teh Celup

Teh celup ternyata bisa menyerap bau tak sedap pada sepatu olahragamu. Kalau kamu nggak punya tea bag, bisa juga menaburkan dauhn teh kering di dalam sepatu yang dialaskan tisu. Selain daun teh, kamu juga bisa masukkan biji kopi, lho!

2. Soda Kue

Selain teh, bubuk soda kue juga bisa menjadi bahan anti bakteri buat sepatu. Caranya mudah, kok, kamu tinggal taburkan bubuk soda kue ke dalam sepatumu. 

Pastikan bubuk itu menyebar ke seluruh permukaan bagian dalam sepatu. Terutama pada ujung bagian depan, semuanya harus kena. Diamkan semalaman. Di pagi hari, kamu sudah nggak akan mencium bau tak sedap lagi dari sepatumu. 

3. Ganti Sol Sepatu Dalam

Kamu juga bisa mengganti sol sepatu dengan sol yang anti bau. Sekarang ini, sudah banyak toko olahraga yang menjual sol sepatu anti bau. 

Tapi kalau kamu masih nggak bisa menemukannya di toko-toko, kamu juga bisa mengganti sol sepatu berkala, minimal sebulan sekali. Tapi kalau kamu nggak merawat dan mencuci sepatumu secara reguler, sepatu akan tetap bau, lho! 

PLAYLIST VIDEO 27 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Seberapa Sering Sepatu Olahraga Harus Diganti? Ini Panduannya