Sukses

Lifestyle

Mengenal Minggu Palma, Hari Istimewa Bagi Umat Katolik

Fimela.com, Jakarta Minggu Paskah, tentunya hari istimewa yang satu itu sudah diketahui oleh banyak orang, lalu apakah Minggu Palma atau Minggu Palem? Dilansir dari laman CNN, Minggu Palma adalah rangkaian pembuka Pekan Suci jelang Paskah atau Kebangkitan Yesus. Minggu Palma tersebut merupakan kenangan peristiwa dielu-elukannya Yesus saat masuk ke Yerusalem.

Lalu kenapa Minggu Palma sangat identik dengan daun palem? Jadi nantinya, umat Katolik yang menghadiri misa di gereja akan diberikan daun palem. Daun palem sendiri dianggap sebagai symbol kemenangan yang digunakan untuk menyatakan kemenangan martir atas kematian.

“Martir sering digambarkan dengan daun palem di antara tempat untuk instrument dari sebuah kesyahidan,” jelas Yonas Komiasi Pr, pastor dari Stasi Yesus Maria Yosep Liliba seperti dikutip dari Antara.

Minggu Palma sendiri merupakan rangkaian pembuka Pekan Suci jelang Paskah atau Kebangkitan Yesus. Selain Minggu Palma nantinya umat Katolik juga akan melakukan serangkaian perayaan lainnya, seperti Kamis Putih (peringatan perjamuan terakhir Yesus dengan para murid), Jumat Agung (peristiwa ketika Yesus disalib), dan Minggu Paskah (kebangkitan Yesus dari kematinan).

Ada beberapa makanan yang jadi ciri khas Minggu Palma, yakni kue pax dan kacang polong yang biasanya selalu ada dalam perayaan Minggu Palma masyarakat Inggris utara dan Skotlandia. Kue pax sendiri adalah kue yang diberi cap bergambar domba dan bendera—symbol Yesus untuk melambangkan perdamaian dan niat baik.

Perayaan Minggu Palma di Timika

Dilansir dari Antara, hari ini, Minggu (25/3/2018), ribuan umat Katolik Keuskupan Timika, Mimika, Papua merayakan hari raya Minggu Palma untuk memperingati Tuhan Yesus masuk ke Kota Yerusalem. Ribuan warga yang datang tersebut masing-masing sudah membawa daun palem.

Perayaan Minggu Palma diawali dengan upacara pemberkatan daun palma oleh Uskup Keuskupan Timika, Mgr Jhon Philip Saklil Pr dan Pastor Amandus Rahadat Pr di depan gereja Katedral, lalu dilanjutkan dengan perarakan ke dalam gereja. Dalam perayaan Minggu Palma ini para umat Katolik diajak untuk merenungkan kisah sengsara Tuhan Yesus.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading