Sukses

Lifestyle

Selamat Hari Paskah 2018, Ini 5 Tradisi Menarik dari Seluruh Dunia

Fimela.com, Jakarta Hari yang dinanti-nantikan akhirnya tiba juga, selamat hari Paskah 2018 untuk semua umat Kristen atau Nasrani di seluruh Indonesia. Kira-kira selain menghias telur ada tradisi apa lagi ya yang sering terlihat saat Paskah? Tentunya masing-masing negara memiliki tradisi yang berbeda ketika merayakan Paskah.

Nah di sejumlah daerah di Indonesia juga memiliki tradisi yang berbeda saat perayaan Paskah, contohnya saja ada Kota Larantuka di Flores Timur. Nantinya semua umat Kristen di sana akan melakukan Semana Santa, yakni Pekan Suci yang dimulai sejak Kamis (Kamis Putih) sampai Minggu (Minggu Paskah).

Pada hari Kamis di sepanjang jalan Kota Larantuka akan dihiasi dengan lilin-lilin yang sangat cantik. Patung perawan Mari atau yang biasa disebut sebagai Tuan Ma, akan dimandikan dan dikenakan pakaian serba hitam sebagai tanda berkabung. Sementara itu, baru pada hari Jumat patung tubuh Yesus akan dilarung di perairannya.

Tradisi masyarakat Flores Timur, khususnya mereka yang tinggal di sekitaran Kota Larantuka tersebut mungkin saja berbeda dengan tradisi yang ada di daerah lainnya di Indonesia. Dan nggak cuma di Indonesia beberapa tradisi menarik lainnya pun tersebar di seluruh dunia, dan beberapa di antaranya ada di bawah ini seperti dilansir dari Womensday.com.

1. Finlandia

Di beberapa wilayah di bagian barat Finlandia, orang-orang akan merayakan hari Minggu Paskah dengan membakar api unggun. Tradisi tersebut berasal dari sebuah keyakinan jika api yang berasal dari api unggun tersebut akan menangkal penyihir yang terbang dengan sapu pada Jumat Agung hingga Minggu Paskah.

Tradisi Paskah dari Seluruh Dunia

2. Polandia

Tradisi Paskah yang tak kalah unik lainnya pun terjadi di Polandia. Nantinya pada Senin Paskah, semua anak akan saling menyiram air. Berbagai alat pun digunakan, mulai dari ember hingga pistol air. Katanya kalau ada seorang gadis yang basah karena siraman air tersebut, maka tahun ini dia akan menikah.

3. Haux, Prancis

Inilah tradisi Paskah yang paling nikmat karena akan membuat seluruh warganya kenyang. Masyarakat kota yang berada di bagian selatan Prancis ini pada Senin Paskah akan membuat dadar raksasa yang dibuat dari 4500 telur dan dapat dinikmati oleh kira-kira 1.000 orang.

4. Corfu, Yunani

Di Corfu ada sebuah tradisi yang dinamakan ‘Pot Throwing’, nantinya orang-orang akan melempar pot dan gerabah lainnya dari jendela ke jalanan. Sebagian orang percaya bahwa tradisi tersebut merupakan bagian dari menyambut musim semi, melambangkan tanaman baru yang akan tumbuh di pot baru.

5. Norwegia

Saat Paskah masyarakat Norwegia akan membaca novel yang berkisah tentang kejahatan, biasanya yang dibaca adalah ‘Easter Thrillers’ atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Paaskekrimmen’.

Kalau kamu punya tradisi Paskah yang berbeda nggak? Bagikan cerita perayaan Paskah kamu ke Bintang.com yuk… Sekali lagi, Selamat Hari Paskah 2018!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading