Sukses

Lifestyle

Awas, Ini 3 Makanan yang Bisa Memengaruhi Sistem Tiroid

Fimela.com, Jakarta Penyakit tiroid yang bikin leher bengkak ini memang kadang tricky. Apa yang kamu makan pasti akan memengaruhi pengobatan yang sedang kamu jalani.

Bahkan, beberapa makanan justru sangat memengaruhi fungsi kelenjar tiroidmu, dan makanan tertentu bisa menghalangi tubuhmu untuk menyerap hormon pengganti yang kamu konsumsi sebagai bagian dari pengobatan. 

Memiliki penyakit tiroid memang susah. Tapi kamu nggak sendirian. Dilansir dari Everyday Health, 12 persen dari populasi di Amerika Serikat menderita penyakit ini. 

Makanya kamu yang memiliki penyakit ini harus agak lebih disiplin dalam memilih makanan. Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari. 

1. Gula

Seperti orang yang melakukan diet demi kurus, kamu yang memiliki penyakit tiroid dan sedang mengonsumsi obat sebaiknya menghindari makanan manis seperti kue, cake, donat, dan lainnya. Soalnya, saat kamu memiliki ganggan tiroid, metabolise tubuhmu menurun. Sehingga, adabaiknya kamu mengurangi makanan manis

 

2. Makanan yang Sudah Diproses

Makanan beku atau frozen food dan juga makanan yang sudah proses juga sebaiknya kamu jauhi. Karena, penderita gangguan tiroid harus menghindari sodium. Gangguan tiroid bisa menimbulkan darah tinggi, sehingga kamu sebisa mungkin harus menghindari sodium. 

3. Kopi

Tak peduli seberapa cintanya kamu dengan kopi, kamu tetap harus menghindarinya. Soalnya, kafein bisa block pengganti hormon tiroid. Tapi kalau kamu benar-benar ingin, kamu harus tunggu paling nggak 30 menit usai minum obat tiroid. Baru setelah itu kamu boleh minum kopi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading