Sukses

Lifestyle

True Story! Polwan asal Pontianak Ini Lihat Akad Nikah Calon Suami Lewat Video Call

Fimela.com, Jakarta Umumnya para pasangan yang hendak menikah duduk berdampingan di hadapan penguhulu. Minimal, mereka berada di satu tempat meski tak bersisian saat sang calon pengantin laki-laki mengucap ijab qabul. Tapi, ada yang unik dari pasangan asal Kalimantan Barat satu ini.

Calon pengantin perempuan yang merupakan seorang Polisi Wanita alias Polwan terpaksa menyaksikan calon suaminya ijab qabul lewat video call. Lain daripada yang lain, memang.

Akad nikah itu berlangsung di Gedung Unversitas Muhammadiyah Pontianak pada Sabtu (28/4). Sementara di saat yang sama, Nova yang berpangkat Briptu tengah menjalani tes penting untuk jadi bagian dari United Nation Police (Polisi PBB) di Puslat Multi Fungsi Polri, Cikeas, Jawa Barat.

Kepala Biro Misi Internasional, Divisi Hubungan Internasional Polri, Brigjen Krishna Murti, mengatakan Briptu Nova telah melapor bahwa ia akan menikah di tanggal tersebut, tapi di sisi lain Nova juga ingin menjadi bagian dari pasukan PBB seiring dengan lolosnya dia di berbagai tahap seleksi yang dilakukan.

Alhasil selama akad berlangsung, Briptu Nova hanya menyaksikan lewat video call.

Di instagram, pemilik akun @rickyboz34 yang diduga salah satu rekan Briptu Nova merekam harunya perempuan bernama lengkap Nova Chairul Jannah menyaksikan akad nikah calon suaminya dari layar ponsel. Video pernikahan ini pun viral di media sosial.

 

Sedihnya Pengantin karena Tak Bersama di Hari Pernikahan

Di sekeliling Nova, teman-temannya turut mendampingi dan memberi semangat kepada Nova yang sesekali mengelap air matanya dengan tisu. 

Di tempat berbeda, Briptu Andik Trianto yang kini telah resmi menjadi suami Nova juga merasakan sedih karena kekasih yang dicintainya tak berada di sisinya, namun ia berusaha tegar menerima ini sebagai suratan takdir.

Syukurnya, Nova masih sempat pulang dan menghadiri resepsi pernikahannya yang diselenggarakan di hari yang sama walau hanya separuh acara, dan harus segera kembali ke Jakarta di hari itu juga. Briptu Andik yang semula murung pun langsung senyum sumringah melihat kehadiran Nova dengan busana pengantinnya.

Tetap Sah di Mata Agama

Pasti banyak yang mempertanyakan, sah kah pernikahan Briptu Nova dan Briptu Andik yang tak dihadiri mempelai perempuan? Kendati tak lazim, namun pernikahan antara Briptu Nova dan Briptu Andik ini tetap sah menurut agama.

Dalam Islam, syarat sahnya ijab kabul yakni adalanya calon pengantin laki-laki, wali calon pengantin perempuan, mahar, dan dua orang saksi. Kehadiran calon mempelai perempuan di lokasi, dalam hal ini Briptu Nova, memang tak diwajibkan sebab ia diwakili oleh wali.

Berbeda jika calon pengantin laki-laki yang tak hadir, perannya dalam proses akad tak bisa diwakilkan oleh keluarga. Kamu pasti juga pernah melihat prosesi akad di mana sang mempelai perempuan menunggu di ruangan yang berbeda sampai mempelai laki-laki selesai mengucap ijab qabulnya.

Bisa dibilang, hal ini sama dengan proses akad nikah Briptu Nova dan Briptu Andik, hanya saja, dalam kasus ini Briptu Nova menyaksikan akad nikahnya lewat video call.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading