Sukses

Lifestyle

Hati-Hati, Kanker Payudara Juga Mengintai Laki-Laki

Next

male breast cancer

Kalau selama ini kanker payudara dikira hanya menjadi masalah untuk perempuan, itu salah besar. Memang jumlah penderita kanker payudara laki-laki lebih sedikit jumlahnya dibanding perempuan, namun jumlah yang sedikit ini justru bukan kabar baik sebenarnya. Karena, ini membuat para peneliti menjadi lebih sulit untuk lebih mendalami seluk beluk dan efek dari kanker payudara pada laki-laki, sehingga nggak sedikit kasus penderita terlambat mengetahui dan sudah berada di stadium lanjut. Belum lagi, kurangnya inisiatif dan informasi tentang kanker payudara laki-laki, diperparah oleh lambatnya gerak laki-laki untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila menemukan keganjilan pada payudaranya.

Pertanyaan yang langsung terpikir adalah, siapa saja yang berpotensi untuk terdiagnosis kanker payudara? Jawabannya adalah: siapapun bisa! Namun, ada beberapa faktor yang memperkuat potensi penyakit ini bisa menghinggapi.

1. Usia.

Sama halnya pada kasus perempuan, kanker payudar lebih banyak ditemukan pada laki-laki berusia di atas 35 tahun, walaupun pernah juga dilaporkan bahwa seorang anak laki-laki berumur 5 tahun telah dinyatakan posistif mengidap kanker ini.

2. Etnis

Berdasarkan data National Cancer Institute, ditemukan lebih banyak korban penderita kanker payudara pada laki-laki berkulit hitam ketimbang yang berasal dari ras Kaukasia atau kulit putih.

Next

male breast cancer

3. Status Sosial

Faktor pekerjaan dan beban pikiran disebut-sebut juga ikut bermain dalam kanker payudara. Dan, hasil dari sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa laki-laki yang berprofesi pada tingkat manajerial atau profesional, lebih rentan terkena.

4. Hormon

Lagi-lagi, sebab sebuah penyakit dikembalikan pada kinerja hormon dalam tubuh. Begitu pun dengan kanker payudara, baik untuk perempuan maupun laki-laki, yang memang memegang peranan penting menjadi penyebab dari timbulnya sel-sel kanker.

Cegah sebelum terlambat!

Selalu ada jalan untuk mencegah, dan itu dimulai dari pribadi masing-masing untuk mengenali gejala-gejalanya. Bila saudara laki-laki atau pasangan Anda menemukan tanda-tanda di bawah ini, cepat periksakan diri ke dokter.

  1. Masih sama dengan perempuan, benjolan yang ditemukan pada payudara, baik itu sakit atau nggak, kecil maupun besar, wajib segera ditindaklanjuti dengan pemeriksaan intensif dokter
  2. Lekukan, kerutan, atau bercak merah pada payudara yang sebelumnya nggak ada
  3. Gatal-gatal, kulit bersisik yang menimbulkan rasa perih, atau ruam pada sekitar puting
  4. Inverted nipple atau puting yang masuk ke dalam

Kabar baiknya adalah, karena payudara laki-laki memiliki lebih sedikit jaringan dibanding milik perempuan, maka pendeteksian dini kanker payudara laki-laki menjadi lebih mudah. Bila menemukan gejala-gejala di atas tadi, kaum laki-laki nggak perlu langsung khawatir bahwa itu pasti kanker payudara, karena ini bisa saja bukan kanker. Namun, pemeriksaan dini atau lanjutan ke dokter sangat diwajibkan, apalgi kalau sudah menemukan perubahan pada area sekitar payudara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading