Sukses

Lifestyle

Jadwal Sholat, Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-24, 8 Juni 2018

Fimela.com, Jakarta Satu hal yang sudah pasti dilakukan oleh banyak orang ketika menjelang Lebaran adalah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk mudik atau pulang kampung. Wah, nggak terasa Idul Fitri sebentar lagi, rasanya baru kemarin punya hobi baru, yakni mantengin jam untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Sudah sejauh mana persiapan mudiknya? Barang-barang penting yang harus dibawa pasti sudah masuk ke dalam koper. Bekal makanan dan minuman juga sudah tertata rapih. Bagaimana dengan rumah yang akan ditinggalkan selama mudik, apakah kamu tak lupa untuk lebih mengamankannya?

Ya, banyak orang yang sering lupa untuk memperketat pengamanan rumahnya ketika ditinggal mudik. Padahal supaya mudik berjalan aman dan nyaman kamu juga harus memikirkan juga tentang keamanan rumah selama ditinggal mudik. Dan inilah beberapa tips agar rumah tetap aman saat ditinggal pulang kampung.

1. Menyimpan Barang Berharga di Tempat yang Aman

Kamu nggak mungkin kan membawa semua barang berharga ke kampung halaman? Nah, barang berharga yang kamu tinggal di rumah selama mudik sebaiknya disimpan di tempat yang menurut kamu paling aman dan tak mudah untuk ditemukan oleh orang lain. Kalau kamu meninggalkan mobil di garasi saat mudik, maka jangan lupa untuk memasang kunci ganda.

2. Kunci Rumah dengan Benar

Sebelum memulai perjalanan mudik ada baiknya kamu periksa lagi pintu serta jendela rumah, pastikan semuanya sudah dalam keadaan terkunci dengan benar. Tidak lupa juga untuk mencabut listrik yang tidak diperlukan, seperti kulkas, AC, televisi, dan sebagainya. Tapi, biarkan lampu menyala selama 24 jam, hal tersebut dimaksudkan supaya rumah terlihat tidak kosong, sehingga tak ada pencuri yang berani masuk.

3. Mau Lebih Aman? Pasang CCTV

Memasang CCTV dibeberapa sudut di rumah tentunya sangat memberikan keuntungan buat si pemilik rumah karena rumah jadi lebih aman kalaupun ada sesuatu yang terjadi, semuanya bisa dilihat dari rekaman CCTV tersebut.

Selain beberapa tips di atas, yang tidak boleh kamu lupakan sebelum mudik adalah melapor kepada RT/RW supaya saat kamu pergi mereka bisa berkoordinasi dengan satpam untuk menjaga rumah kamu selama di tinggal pulang kampung.

Kalau sudah siap semuanya, maka jangan lupa untuk membawa jadwal sholat, imsakiyah, dan buka puasa supaya kamu tetap tahu kapan waktu berbuka karena jalanan pasti macet banget. Jadwal sholatnya bisa kamu lihat di bawah ini ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading