Sukses

Lifestyle

3 Tanda Sendawamu Ternyata Penyakit Bahaya

Fimela.com, Jakarta Sendawa sering sekali dianggap sebagai salah satu tanda kamu sudah merasa kenyang. Tapi, kadang juga bsia menjadi tanda kalau kamu memiliki banyak gas di dalam perut. 

Selain nggak sopan, sendawa di tempat umum juga kadang mengganggu orang lain. Soalnya, kadang sendawa mengeluarkan bau tak sedap. 

Tapi, apa jadinya kalau kamu sendawa terus menerus hingga bisa dikatakan berlebihan? Kamu pastinya pernah melihat seseorang yang terus bersendawa berkali-kali dalam waktu yang berdekatan. 

Bukan masuk angin atau kenyang, tapi sepertinya sendawa berlebihan nggak boleh kamu abaikan. Dilansir dari Women's Health Magazine, sendawa berlebihan bisa menjadi gejala atau tanda penyakit yang serius. 

1. Kalau Muntah Setelah Sendawa

Sendawa yang wajar biasanya cuma sekali saja. Dan, nggak ada gejala lain yang mengiringi. Tapi, kalau diikuti dengan muntah, langsung setelah sendawa, kamu harus waspada. Karena ini bisa jadi tanda adanya penyumbatan usus

2. Kembung

Jangan anggap remeh kalau kamu sendewa dan perutmu sangat buncit. Ini bukan karena kamu gemuk terlalu banyak makan. Tapi, bisa jadi ini karena terlalu banyak angin atau gas dalam perutmu. 

Sebaiknya, kamu periksa ke dokter apa yang jadi penyebab perut kembung dan buncit, serta sendawa yang tak bisa berhenti. 

3. Sakit pada Rusuk

Sering sendawa dan merasa sakit pada tulang rusuk? Wah, ini jangan dibiarkan begitu saja, lho, girls. Dilansir dari majalah tersebut, bisa jadi ini tanda Hiatal hernias. 

Hiatal hernia merupakan kondisi di mana usus masuk ke dalam esofagus. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya sendawa seperti orang kekenyangan. Namun, bedanya dengan sendawa normal, sendawa ini disertai rasa sakit pada tulang rusuk dan juga sering terjadi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading